5 Tips Cepat Atasi Pilek Pada Bayi Saat Berliburan

Pilek adalah salah satu penyakit yang paling sering menyerang bayi kapanpun itu dan dimanapun, bahkan pada saat liburan sekalipun. Cuaca yang dingin serta paparan virus menjadi salah satu penyebab pada buah hati anda. Jika hal tersebut terjadi pada si kecil kesayangan, jangan khawatir moms. Agar liburan berakhir dengan menyenangkan, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pilek tersebut.

Berbagai Tips Mengatasi Pilek Pada Buah Hati Saat Berliburan

Saat berliburan tentu menjadi momen yang sangat spesial bersama keluarga. Namun, saat bayi anda terserang pilek, tentu akan menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan. Untuk mengatasi pilek pada bayi, pada moms bisa menggunakan berbagai cara seperti berikut ini:

Mengganjal Dengan Bantal Tinggi Saat Tidur

5 Tips Cepat Atasi Pilek Pada Bayi Saat Berliburan

Supaya si kecil dapat bernapas dengan lega, tempatkan bantal penambahan waktu tidur. Langkah tersebut membuat tempat kepala tambah tinggi dibanding dengan anggota badan yang lainnya. Dengan demikian, buah hati Anda dapat bernapas lebih lega waktu pilek. Perihal ini membuat si kecil dapat tidur lebih pulas waktu liburan serta segera pulih.

Kebutuhan Cairan Si Bayi Tercukupi

5 Tips Cepat Atasi Pilek Pada Bayi Saat Berliburan

Waktu si kecil pilek, ibu harus meningkatkan kebutuhannya cairannya. Bila si kecil telah berumur enam bulan, ibu dapat memberi minuman dan makanan hangat seperti sup serta susu. Akan tetapi, bila si kecil masih tetap berumur dibawah enam bulan ibu dapat memberinya ASI ( Air Susu Ibu ).

Saat berlibur ASI ialah pilihan konsumsi nutrisi terunggul buat si buah hati sebab makanan atau minuman yang dibeli di luar belumlah terjamin kebersihannya.

baca juga : Efek Buruk Menasehati Anak Dengan Cara Membandingkan Dengan Anak Lainnya

Menyedot Ingus Bayi

5 Tips Cepat Atasi Pilek Pada Bayi Saat Berliburan

Ingus yang begitu penuh membuat bayi sulit bernapas. Karenanya, ibu perlu memantaunya dengan berkala. Jika ingus mulai penuh, gunakan alat penyedot istimewa untuk buang lendir yang terlalu berlebih. Ibu juga dapat menggunakan tetes hidung lebih dulu untuk membantu mencairkan ingus sebelum disedot.

Cara barusan akan demikian membantu jika buah hati Anda berusia di bawah 6 bulan. Langkah menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu memencet bagian yang menggembung pada alat. Lantas, input pipet ke lubang hidung dan lepaskan bagian yang menggembung. Dengan otomatis, ingus si kecil akan tersedot kedalam alat tersebut.

Menepuk Punggung Si Kecil Dengan Lembut

5 Tips Cepat Atasi Pilek Pada Bayi Saat Berliburan

Tepukan lembut di punggung bayi dapat membantu lendir yang mampet dari dalam hidung. Diluar itu, langkah tersebut juga dapat membantu si kecil supaya lebih gampang batuk bila pilek dibarengi dengan batuk berdahak. Pertama, baringkan si kecil diatas paha dengan tempat tengkurap serta tepuk perlahan. Bila anak sudah berumur lebih dari setahun, ibu dapat menolong menepuknya sewaktu anak duduk.

Menggunakan Obat Gosok

5 Tips Cepat Atasi Pilek Pada Bayi Saat Berliburan

Waktu si kecil pilek, aliran hidungnya pasti akan terhalang. Keadaan ini dapat membuat susah bernapas serta selalu rewel. Janganlah langsung memberikannya obat minum, ibu dapat coba memakai obat gosok ( beri ). Masalahnya bayi masih tetap kesusahan untuk minum obat lewat mulutnya dengan cara langsung.

Obat gosok dapat jadi pilihan jalan keluar untuk menolong menurunkan tanda-tanda pilek serta menghangatkan tubuh si kecil dengan praktis waktu berlibur.

Akan tetapi, janganlah asal memakai obat gosok. Pilih yang berupa cream supaya tidak lengket, tidak berminyak, serta cepat meresap di kulit. Diluar itu, cari obat gosok yang memiliki kandungan minyak atsiri sebab dapat memudahkan beberapa permasalahan kesehatan termasuk juga pilek.

Minyak atsiri atau minyak mendasar ialah senyawa yang diekstrak dari tanaman, dapat datang dari bunga, akar, kayu, atau biji buah. Minyak atsiri mulai kerja saat dioles-oleskan ke kulit atau dihirup dengan cara langsung. Untuk menolong melegakan pernafasan, ibu dapat pilih obat gosok dengan kandungan minyak eucalyptus serta chamomile.

Diambil dari Healthline, minyak eucalyptus adalah ekspektoran alami untuk menolong memudahkan permasalahan pernafasan, termasuk juga pada bayi. Sedang kandungan minyak chamomile dapat menolong bayi tidur lebih pulas walau tengah pilek. Untuk memperoleh faedahnya dengan cara langsung, berikan obat gosok ini ke dada, punggung, serta leher si kecil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*