Anak Sering Mimisan? Waspadalah

Anak Sering Mimisan? Waspadalah

Hidung mengeluarkan darah atau yang lebih sering disebut juga dengan mimisan pada anak bisa sangat mengejutkan. Meski umumnya tidak berbahaya, namun dianjutkan untuk waspadalah bila anak sering mimisan.

Mimisan dalam bahasa medis dimaksud juga epistaksis. Sewaktu mimisan, darah yang keluar dapat dari satu lubang hidung atau kedua-duanya. Biasanya, mimisan berlangsung dalam beberapa menit, tidak lebih dari 10 menit.

Tingkat Resiko

Anak-anak memang lebih beresiko alami mimisan di banding orang dewasa, sebab pembuluh darah dalam hidung anak lebih rawan. Pemicu yang seringkali melatari mimisan pada anak diantaranya bentrokan waktu bermain atau bersin sangat keras.

Diluar itu, pemicu lainnya yang seringkali menyebabkan mimisan pada anak ialah hawa yang kering. Hal tersebut membuat selaput dalam hidung jadi kering serta berasa gatal. Saat hidung dikorek terlalu berlebih, jadi bisa mengakibatkan keluarnya darah.

Keadaan lainnya seperti pilek yang mengiritasi sisi dalam hidung dapat juga mengakibatkan mimisan. Beberapa macam obat spesifik pada alergi bisa membuat selaput hidung jadi kering sampai menyebabkan mimisan.

Walau mimisan tidak termasuk juga keadaan beresiko, bila anak seringkali mimisan yakni lebih dari 1x per minggu, dianjurkan selekasnya berkonsultasi dengan dokter. Sering perihal ini dikarenakan pembuluh darah kecil dalam hidung alami iritasi serta tidak sembuh secara cepat, terpenting pada anak yang seringkali pilek atau alergi.

Pemicu yang lebih jarang berlangsung pada anak seringkali mimisan, diantaranya masalah perdarahan sama dengan penyakit kanker darah (leukimia) serta ITP (Idiopathic thrombocytopenic purpura) Untuk memastikannya, butuh dikerjakan kontrol menyertakan dokter Spesialis THT yang mengatasi masalah telinga, hidung serta tenggorokan.

Langkah Mengatasi serta Mengetahui Keadaan Berbahaya

Janganlah cemas saat anak mimisan. Untuk mengatasi mimisan, meminta anak untuk duduk lalu cubit dengan perlahan-lahan sisi lembut pada hidung, yakni pas di dalam atas dari sisi luar lubang hidung saat 10-15 menit.

Bila darah masih tetap mengucur, meminta anak untuk dikit membungkuk mengarah depan serta bernapas lewat mulut. Hal itu mempunyai tujuan untuk menahan darah tertelan serta mengiritasi pencernaan. Lekatkan ice pack atau es yang digulung dalam handuk di bagian batang hidung. Usahakan badan masih dalam keadaan tegak untuk kurangi tekanan pada pembuluh darah di hidung.

Meski demikian, terdapat beberapa kondisi anak sering mimisan yang perlu diwaspadai dan dianjurkan segera melakukan konsultasi kepada dokter anda, seperti :

  • Berlangsung pada anak dibawah umur 2 tahun.
  • Berjalan lebih dari 20 menit.
  • Darah yang keluar banyak sekali.
  • Dibarengi kesusahan bernapas.
  • Darah begitu encer serta dibarengi dengan tanda-tanda lainnya seperti pusing, mual, atau muntah.
  • Pasien mimisan tidak sengaja terminum darah cukuplah banyak hingga muntah.
  • Mimisan yang berlangsung dibarengi tanda-tanda anemia, biasanya dibarengi dengan sesak napas, tampak pucat, serta jantung berdebar.
  • Mimisan yang muncul sesudah cedera berat seperti kecelakaan.

Anak sering mimisan tidak boleh kita anggap remeh. Segeralah berkonsultasi kepada dokter untuk memastikan penyebab dan cara penanganan yang tepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*