Apa itu Penyakit Asam Urat?

Apa itu Penyakit Asam Urat?

Defenisi

Penyakit asam urat merupakan sejenis penyakit sendi yang terjadi dikarenakan kadar asam urat yang telalu tinggi dalam darah kita. Pada kondisi yang normal, asam urat akan ikut terlarut dalam darah dan keluar dalam urine. Namun, pada kondisi tertentu, dalam tubuh menghasilkan asam urat yang berlebihan atau menggalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

Yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan diberbagai sendi tubuh merupakan penumpukan asam urat membentuk kristal disendi. Meskipun umumnya terbentuk dalam sendi, kristal asam urat juga dapat terbentuk di ginjal serta saluran kemih. Kondisi tersebut tentu dapat mengganggu fungsi dari ginjal atau menyebabkan batu pada saluran kemih.

Walau disebabkan oleh tingginya kadar asam urat pada darah ( hiperurisemia ), tidak semua penderita hiperurisemia terserang penyakit asam urat. faktanya, hanya 1/3 penderita hiperurisemia yang mengalami hal ini.

Gejala Asam Urat

Tanda – tanda pada asam urat biasanya berupa nyeri pada sendi mendadak dalam waktu singkat ( akut ), kemudian akan hilang dalam beberapa hari kemudian, dan akan muncul kembali pada 6 hingga 12 bulan kedepan. Terdapat beberapa kasus yang melibatkan para penderita penyakit asam urat yang mengalami gejala kronis, akibat serangan asam urat yang terus – terusan terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama.

Bila sudah akut asam uratnya, nyeri hanya terjadi pada satu atau beberapa sendi, seperti di pergelangan kaki, lutut dan juga di jempol kaki. Gejala akan lebih terasa parah dalam 2 hari pertama, dan bisa berlangsung selama 10 hari lebih. selain itu, sendi yang dalam keadaan sakit sendi akan terlihat bengkak serta akan sakit bila tersentuh sedikit. Meriang juga dirasakan oleh penderita asam urat akut bila saat nyeri menyerang.

Sedangkan asam urat yang sudah kronis, tanda serta gejala yang muncul merupakan nyeri disertai radang sendi yang terjadi berulang kali, dan bisa mengakibatkan kerusakan sendi permanen, dimana sendi tidak bisa bergerak dengan normal. selain di ibu jari kaki, nyeri juga terjadi di berbagai anggota tubuh seperti siku, jari, pergelangan tangan serta tumit.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu naiknya kadar asam urat di dalam darah seperti :

  • Baru mengalami sebuah kecelakaan atau habis melakukan operasi.
  • Sering minum berakohol dan minuman yang berkadar gula tinggi.
  • Sedang meminum atau menggunakan beberapa obat kemoterapi tertentu, serta obat seperti diuretik, aspirin, dan juga ciclosporin.
  • Mempunyai keluarga yang juga mempunyai riwayat penyakit asam urat.
  • Memiliki kondisi medis seperti penyakit diabetes, sindrom metabolic, penyakit ginjal, jantung, tiroid, leukemia, hipertensi, dan juga obesitas.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Seperti daging merah, jeroan, dan berbagai jenis hidangan laut misalnya teri, ikan sarden, kerang, dan ikan tuna.

Pengobatan Asam Urat

Pengobatan asam urat bisa dengan memberikan obat – obatan, untuk dapat meringankan gejala dan juga mencegah penyakit tersebut kambuh lagi. Biasanya dokter akan memberikan resep untuk menangani asam urat adalah colchicine dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Untuk para pasien yang tidak bisa meminum obat tersebut maka dokter akan memberikan resep kortikosteoid.

Pada pasien yang alami seringkali serangan asam urat dalam satu tahun, atau alami ngilu hebat karena penyakit ini, dokter akan memberi resep obat lainnya untuk menahan komplikasi. Jenis obat yang dipakai pada masalah diatas ialah allopurinol. Obat ini kerja dengan menghalangi produksi asam urat di badan. Jenis obat lainnya yang dapat juga diberikan ialah obat untuk tingkatkan pembuangan asam urat berlebihan dari badan seperti probenecid.

Untuk dapat mencegah serangan asam urat kembali berlangsung, pasien akan dianjurkan untuk hindari makanan berkadar purin tinggi. Serta kurangi minuman tinggi gula dan minuman mengandung alkohol. Pasien akan disarankan untuk penuhi asupan protein dengan konsumsi susu rendah lemak, dan teratur olahraga untuk sampai serta menjaga berat tubuh yang ideal.

Demikian juga artikel kami, tetaplah berkonsultasi dengan dokter bila sudah merasakan gejala dari asam urat tersebut. terima kasih..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*