Apa itu Penyakit Herpes?

Apa itu Penyakit Herpes?

Defenisi

Virus HSV adalah sebuah virus yang menyebabkan herpes. Herpes kulit atau herpes genatilia merupakan jenis herpes yang paling umum kita temui. Di leher, di bibir, atau dibagian badan yang lainnya tentu mengakibatkan sensasi gatal kadang disertai rasa perih. Anda mesti mengetahui apa itu herpes agar dapat penanganan yang tepat dan pas.

Herpes merupakan penyakit radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung – gelembung yang berisi air secara berkelompok. Penyakit herpes sangatlah mirip dengan penyakit cacar.

Kini cukup banyak penyakit kulit yang mirip dengan gejala herpes. Namun bedanya, disebabkan oleh hewan – hewan kecil yang menempel pada tanaman, dan terbang menuju pakaian yang sedang anda jemur.

Tanda-tanda yang cukuplah mirip sering membuat orang berfikir terserang herpes waktu terserang penyakit kulit yang lain.

Tipe Penyakit Herpes

Terdapat dua macam penyakit herpes, yaitu herpes zoster dan herpes simplex. Keduanya sama disebabkan oleh virus herpes, namun gejala yang akan terlihat tidak akan sama.

Herpes Zoster

Herpes zoster disebut juga dengan penyakit infeksi yang terdapat pada kulit dimana lanjutan dari chickenpox ( cacar air ) karena virus yang menyerang pada tubuh adalah sama. Yang membuat berbeda adalah ciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok dalam bagian tertentu di tubuh, bisa di punggung, dahi dan juga dada. Proses penularan virus tersebut bisa melalui bersin, batuk, dan pakaian yang tercemar.

Herpes Simplex

Herpes simplex terbagi menjadi dua jenis :

  • HSV-1

Jenis 1 atau diketahui dengan Herpes Simplex Virus-1 (HSV-1), virus jerpes ini menyerang sisi mulut atau pinggang ke atas. HSV-1 sebenarnya merupakan infeksi yang umum.

Di amerika, 40% hingga 90% dari orang yang terkena herpes kulit lebih banyak pada orang dewasa, walaupun banyak orang yang tidak mengalami gejalanya. Herpes bisa saja muncul di berbagai bagian tubuh seperti herpes di leher, bibir atau tubuh bagian atas lainnya.

Infeksi virus herpes jenis HSV 1 seperti herpes di leher, herpes serupa sariawan di mulut, serta ruam lepuh yang lain. Dapat diobati tetapi tidak dapat pulih dengan keseluruhan karena setiap saat jika badan lemah dapat muncul lagi.

Herpes merupakan penyakit yang begitu terkait dengan permasalahan ketahanan badan, karena itu Anda mesti mengawasi ketahanan badan supaya tetap fit.

  • HSV-2

Jenis ke-2 disebut juga dengan herpes genitalis. Virus ini menyerang pada pinggang ke bawah biasanya bagian kelamin, virus ini menyebar melalui kontak luka pada penderita herpes, misalnya saat berhubungan tubuh. Herpes biasanya terdapat di vagina, dubur dan juga selangkangan. Tidak bisa sembuh. Herpes tidak akan terlihat bisa terjadi pada wanita namun bisa di laki laki maka akan terlihat.

Tanda Atau Gejala Herpes

Tanda dari herpes yang harus anda waspadai agar tidak menjadi lebih parah. Tanda dan gejala herpes yang timbul akibat serangan virus herpes secara umum seperti berikut ini :

  • Demam,
  • Menggigil,
  • Sesak napas,
  • Ngilu di persendian.
  • Pegal satu badan.
  • Muncul bintik kemerahan pada kulit.
  • Sakit perut.

Biasanya gejala atau tanda herpes ini akan terjadi kurang lebih 1 minggu hingga 8 hari.

Pengobatan Herpes

Hal penting yang perlu dikerjakan oleh pasien herpes merupakan mengawasi gelembung cairan agar tidak pecah supaya tidak tinggalkan sisa serta jadi jalan masuk buat kuman lainnya (infeksi sekunder). Pasien yang tidak tahan dengan keadaan udara dingin disarankan tidak untuk mandi, karena dapat menimbulkan shock pada tubuh.

Paracetamol adalah obat yang ditunjukan pada pasien herpes untuk mengurangi keluhan gejala seperti nyeri dan juga demam.

Pemberian Acyclovir tablet (Desciclovir, Famciclovir, Valacyclovir, serta Penciclovir) menjadi antiviral mempunyai tujuan untuk kurangi demam, ngilu, komplikasi dan membuat perlindungan seorang dari ketakmampuan ketahanan badan menantang virus herpes.

Sebaiknya Acyclovir diberikan kepada pasien saat timbul nya rasa nyeri dan juga rasa panas yang memakar pada kulit, tidak perlu menunggu hingga munculnya blisters. Herpes merupakan penyakit yang mengganggu, tetapi masih dapat ditangani hingga anda tak perlu resah.

Daya tahan tubuh merupakan hal yang berkaitan kuat pada penyakit herpes. Pada kondisi serius dimana daya tahan tubuh seseorang sangat lemah, penderita penyakit cacar ( herpes ) sehaiknya mendapatkan pengobatan terapi infus ( IV ) Acyclovir.

Sebagai usaha mencegah, semestinya seorang memperoleh imunisasi vaksin Varisela zoster dengan urutan:

  • Pada anak sehat yang berusia dari 1 hingga 12 tahun di berikan satu kali.
  • Berikan lagi kepada masa pubertas untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang mantap.
  • Berikan imunisasi sekali lagi saat dewasa untuk menyempurnakanya.

Kekebalan dalam imunisasi dapat bertahan hingga 10 tahun agar anak tidak mudah terkena virus herpes.

Hal yang sangat terpenting bila mencurigai seorang terinfeksi herpes kulit, cepatlah bawa ke dokter untuk lakukan identifikasi awal. Ini jadi langkah yang terpenting dalam mencegah terkait dengan kesehatan pasien serta beberapa orang di sekelilingnya.

Kini anda sudah mengetahui bukan defenisi herpes, penyebab, dan juga pengobatan herpes ? selalu waspada dan juga menjaga kesehatan anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*