Apa itu Penyakit Kista?

Apa itu Penyakit Kista

Defenisi

Penyakit Kista merupakan sebuah masalah kesehatan yang diakibatkan adanya sebuah organ yang membesar dan dalamnya berisi cairan ( seperti balon yang berisikan air ) yang dapat muncul di berbagai jaringan tubuh mana saja.

Ukuran dari benjolan sangatlah bervariasi, mulai dari yang kecil hingga sangat besar yang dapat menghimpit organ tubuh yang yang berada didekat kista tersebut. Tergantung pada lokasi, benjolan kista mempunyai beberapa jenis umum, seperti :

  • Kista otak, bukan merupakan tumor otak karena tidak berasal dari jaringan otak.
  • Kista ovarium atau kista indung telur merupakan kantung yang berisi cairan dalam atau dipermukaan indung telur.

Penyebab Kista

Setelah kita mengetahui apa itu kista, mari kita ikuti artikel ini untuk menelusuri tentang penyebab kista pada perempuan.

  • Tumor
  • Keadaan genetik
  • infeksi
  • Pada masalah spesifik, pemicu kista ialah kekeliruan pada perubahan embrio
  • Cacat pada sel
  • Peradangan parah
  • Parasit
  • Cedera

Kebanyakan penyebab kista merupakan tumor jinak dikarenakan adanya halangan pada sistem pembuangan air dari dalam tubuh yang terjadi secara alami. Akan tetapi, dalam beberapa kasus kista akan berubah menjadi tumor bila tumbuh didalam sebuah tumor.

Gejala Kista Pada Wanita

  • Kista Ovarium (Kista Fungsional)
    Seringkali muncul tiada tanda-tanda kista. Muncul tanda-tanda perasaan sakit jika dibarengi komplikasi seperti terpuntir atau pecah, tapi komplikasi ini begitu jarang. Kista fungsional ini seringkali berlangsung serta begitu jarang pada dua indung telur. Ia dapat mengecil sendiri kurun waktu 1-3 bulan.
  • Kista Dermoid
    Pemicu penyakit kista dermoid ialah karena jaringan dalam telur yang tidak dibuahi. Lalu tumbuh jadi beberapa jaringan seperti rambut, tulang serta lemak. Kista bisa berlangsung pada dua indung telur serta umumnya tiada tanda-tanda. Muncul gejala kista seperti rasa sakit jika kista terpuntir atau pecah.
  • Kista Cokelat (endometrioma)
    Penyebab penyakit kista jenis endometrioma adalah lapisan di dalam rahim (yang biasanya terkelupas sewaktu haid dan terlihat keluar dari kemaluan seperti darah), tidak terletak dalam rahim tetapi melekat pada dinding luar indung telur. Akibat peristiwa ini setiap kali haid, lapisan tersebut menghasilkan darah haid, yang akan terus menerus tertimbun dan menjadi kista. Kista ini bisa pada satu atau dua indung telur. Timbul gejala kista utama yaitu rasa sakit terutama sewaktu haid atau sexual intercourse.
  • Kista denoma
    Berasal dari pembungkus indung telur yang tumbuh menjadi kista. Kista jenis ini juga dapat menyerang indung telur kanan dan kiri. Gejala kista yang timbul biasanya akibat penekanan pada bagian tubuh sekitar seperti kantung kemih sehingga dapat menyebabkan semacam ”beser”.

Pengobatan Kista

Dari informasi berikut ini merupakan sebuah penjelasan untuk pendidikan, bukanlah pengganti nasehat medis, selalu berkonsultasi kepada dokter terpercaya anda.

Bagaimana kista didiagnosis ?

  • Untuk kista ovarium, terkadang terdapat kekhawatiran bisa menyebabkan kanker, dokter akan mempersiapkan tes darah untuk melihat kadar tinggi zat kimia yang mengindikasi kanker indung telur.
  • Biopsi jarum kadang digunakan untuk menentukan apabila jaringan ganas terkait dengan struktur yang seperti benjolan, biopsi juga dapat digunakan untuk mengurangi ukuran benjolan.
  • Teknik imaging sangat berguna untuk mendeteksi benjolan, seperti ultrasound, X-ray, CAT scans dan MRI.
  • Terkadang tonjolan bisa berasa dengan gampang oleh dokter, terpenting bila tonjolan terdapat di kulit atau pada organ yang gampang terdeteksi.

Penanganan Kista

Pada beberapa kasus, kondisi benjolan ini seringkali menghilang setelah beberapa bulan. Perawatan untuk kondisi ini tergantung pada penyebab dan apakah akan menimbulkan masalah pada pasien.

Perawatan juga akan tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis kista, di mana terdapat benjolan, ukurannya, dan tingkat ketidaknyamanan yang ditimbulkannya.

Kista yang sangat besar dan menyebabkan gejala, dapat diangkat secara operasi. Kadang-kadang, dokter mungkin memutuskan untuk mengeringkan atau memasukkan jarum atau kateter ke dalam rongga. Jika kista tidak mudah diakses, drainase atau aspirasi sering dilakukan dengan bantuan radiologis. Sehingga dokter dapat secara akurat memandu jarum atau kateter ke area target benjolan.

Berakhir juga artikel kami yang mengenai masalah krista pada wanita, sebagai informasi, bahwa artikel ini dimaksudkan untuk pendidikan bukan sebagai salah satu nasehat ataupun saran pengobatan. Untuk anda yang mencari penanganan segaralah mengkonsultasi kepada dokter terpercaya anda. Terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*