Bahaya Kurang Tidur Untuk Kesehatan Tubuh

Bahaya Kurang Tidur Untuk Kesehatan Tubuh

seputarkesehatan.net – Biasanya, orang dewasa memerlukan jam tidur tujuh hingga delapan jam satu hari. Waktu tidur yang cukup serta berkualitas dapat membuat anda lebih fresh serta siap melakukan kegiatan pada keesokan hari. Sayangnya, beberapa pekerjaan seperti kegiatan pekerjaan sampai bersosialisasi langsung ataupun lewat sosial media membuat seorang jadi kurang tidur.

Bahaya Kurang Tidur Untuk Kesehatan Tubuh – Dr. Raghu Reddy, Sleep Medicine Specialist Dari Universitas Arkansas,  Amerika Serikat memperingatkan jam tidur yang hilang dalam lima jam saat satu minggu bisa ditukar dengan berisitirahat saat akhir minggu. Akan tetapi, bila jam tidur yang hilang telah lebih dari 20 jam, maka dapat begitu beresiko serta dapat mengganggu kesehatan badan, baik fisik ataupun emosional.

  • Menyebabkan diabetes
    Kurangnya tidur bisa menyebabkan tanggapan stres pada badan, hingga berlangsung pelepasan hormon kortisol serta norepenepherine yang terkait dengan resistensi insulin. Hal seperti ini juga punya pengaruh pada hormon yang mengatur nafsu makan.
  • Tekanan darah
    Kurang tidur satu sampai enam jam per hari bisa mengakibatkan terjadinya penambahan tekanan darah sistolik serta dapat menggangu kegiatan keseharian. Perihal ini pula yang menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • Memicu gangguan jantung
    Orang yang tidur terlalu larut sehingga kekurangan waktu tidur berisiko rentan terhadap penyakit jantung. Waktu tidur yang kurang juga dapat menurunkan proses metabolisme dan meningkatkan tekanan darah sehingga proses kerja jantung menjadi terganggu.
  • Mengganggu Kemampuan otak
    Kurang tidur kurun waktu yang lama bisa mengganggu kemampuan berfikir sehingga akan menggangu konsentrasi seorang saat melakukan aktivitasnya.
  • Depresi tinggi
    Kurang tidur mengakibatkan penurunan neurotransmiter (senyawa kimia yang di produksi otak) untuk mengatur situasi hati. Saat jam tidur selalu menyusut, hal seperti ini bisa merubah situasi hati, hingga sangat mungkin terjadinya depresi.
  • Gangguan emosional anak
    Kurang tidur dapat meningkatkan reaksi antisipatif pada pusat emosional otak, sehingga menyebabkan rasa cemas meningkat.
  • Pola makan
    Jam tidur yang kurang bisa mengakibatkan terjadinya penurunan leptin yakni tanda perasaan kenyang ke otak serta meningkatnya ghrelin yakni hormon yang bisa merangsang nafsu makan. Bila ini selalu berlangsung, pola makan akan terganggu serta sangat mungkin resiko penyakit lainnya berlangsung pada tubuh anda.
  • Resiko stroke
    kesehatan jantung akan alami penurunan jika Anda kurang jam tidur. Hal seperti ini dapat membuat saluran darah menuju ke otak jadi terhalang sehingga dapat menyebabkan terjadinya stroke.

Demikian juga pembahasan kami yang mengenai “ Bahaya Kurang Tidur Untuk Kesehatan Tubuh “ terima kasih. Sehatlah selalu..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*