Beragam Obat Batuk Alami Yang Mudah Ditemui

Beragam Obat Batuk Alami Yang Mudah Ditemui

Obat batuk alami sangatlah sering dipilih untuk mengatasi batuk yang diderita. Hanya saja, tingkat efektivitas setiap orang dari obat batuk alami akan berbeda. Lain dari itu, obat batuk yang alami harus dikonsumsi secara hati – hati, terutama bila mempunyai sebuah kondisi kesehatan tertentu.

Batuk merupakan respon alami tubuh dalam membersihkan saluran pernafasan dari dahak serta penyebab iritasi. Meski sebagian besar batuk yang ringan akan sembuh dengan sendirinya, rasa tidak nyaman akibat batuk kerap membuat banyak orang menggunakan obat dalam meredakan batuk tersebut, termasuk obat batuk alami.

Beberapa Bahan Alami Obat Batuk Disekitar Anda

Terdapat berbagai macam bahan alami yang sangat umum dimanfaatkan sebagai obat batuk yang alami, seperti berikut ini.

Buah Nanas

Riset tunjukkan jika kandungan bromelain yang ada pada buah nanas dapat menurunkan batuk dan mencairkan lendir di tenggorokan. Untuk memperoleh faedah nanas ini, coba untuk konsumsi sepotong buah nanas atau 100 ml jus nanas fresh sekitar 3 kali dalam satu hari.

Bawang Merah

Untuk bayi serta anak, Anda dapat manfaatkan bawang merah menjadi obat batuk alami. langkahnya, irislah bawang jadi bagian-bagian serta letakkan potongan bawang itu di sebelah tempat tidur. Manfaat bawang dalam menurunkan batuk didapatkan lewat dampak uap yang keluar dari potongan bawang itu. Langkah tersebut termasuk popular di negara Spanyol serta Prancis.

Madu

Anda bisa menggunakan manfaat madu menjadi obat batuk alami. Langkahnya sangatlah gampang yakni dengan membuat minuman yang terbuat dari kombinasi 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat, serta perasan air lemon.

Jahe

Untuk mendapatkan manfaat dari jahe, seduhlah beberapa iris jahe dengan menggunakan air panas dan tunggu beberapa menit. Setelah air hangat, anda bisa meminum air jahe tersebut sebagai obat alami mengobati batuk. Jahe juga sangat bermanfaat dalam mengatasi sakit tenggorokan dan mual yang dirasakan saat terkena flu.

Air Garam

Bila batuk yang dihadapi berlangsung dikarenakan rasa gatal pada tenggorokan, coba untuk berkumur dengan air garam. Campur ¼ sampai ½ sendok teh garam ke 240 ml air hangat serta pakai untuk berkumur, jadi perasaan gatal yang mengakibatkan batuk bisa diredakan. Langkah tersebut cukup sederhana, akan tetapi tidak direferensikan untuk anak dibawah umur 6 tahun, sebab anak pada umur ini umumnya belumlah dapat berkumur dengan baik.

Selain dari berbagai bahan alami yang sudah kami tuliskan diatas, memperbanyak minum air putih juga dapat membantu disaat batuk. Sebab, konsumsi cairan yang cukup dapat melembabkan tenggorokan sehingga mengurangi iritasi yang terjadi.

Pemulihan Batuk Yang Diderita

Tidak hanya mengkonsumsi obat alami, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan batuk. Langkah yang termudah ialah beristirahat yang cukup. Dengan kurangi kegiatan serta membiarkan badan beristirahat, jadi batuk serta pilek condong bisa pulih lebih cepat.

Mandi air hangat dapat juga menurunkan batuk. Karena, uap dari air hangat yang digunakan untuk mandi bisa membantu memperlancar pengeluaran lendir di hidung serta tenggorokan. Maka bila Anda tengah batuk, lakukan dua langkah tersebut di dalam rumah supaya batuk bisa mereda. Diluar itu, saat batuk, juga penting untuk hindari udara yang kotor.

Bila obat batuk dengan bahan alami sudah dilakukan namun batuk tidak kunjung sembuh, maka sebaiknya anda segera mengunjungi dokter. Batuk yang tidak kunjung sembuh bisa saja menjadi beberapa gejala penyakit serius seperti Penyakit TBC ( tuberculosis ), serta penyakit serius lainnya. apalagi batuk yang disertai dengan lendir tebal, nyeri dada, sulit bernafas, batuk berdarah, dan juga demam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*