Berbagai Macam Penyakit Kulit Berserta Pengobatannya

Penyakit Kulit

Salah satu bagian tubuh manusia yang paling besar dimiliki oleh manusia adalah kulit, Semua bagian tubuh tertutup dengan kulit. Tanpa kulit, manusia tidak akan dapat bertahan dari dunia luar yang terdapat berbagai virus, bakteri dan tidak ada yang dapat mengatur perubahan suhu. Namun kulit sering mengalami iritasi dan menyebabkan ruam merah. Maka dari itu, penting untuk anda mengetahui beberapa penyakit kulit yang perlu diketahui.

Beberapa masalah kulit yang sering sekali ditemui dibagian tubuh kita seperti bengkak, gatal – gatal, atau sepeti terbakar. Masalah yang terjadi pada kulit ada yang ringan dan dapat diobati dengan mudah, namun ada juga penyakit kulit yang sangat membahayakan tubuh hingga kematian.

Berbagai Macam Penyakit Kulit Yang Sering Menyerang Kulit

Eksim ( dermatitis )

Eksim ( dermatitis )

Eksim ialah Jenis penyakit kulit yang dapat berlangsung dalam tempo yang begitu panjang. Bahkan juga banyak pasien eksim yang terasa putus harapan sebab eksim begitu mengganggu kegiatan serta tampilan. Eksim diperlihatkan dengan tonjolan kecil dan akan berkembang jadi ruam. Pada step yang lebih kronis, jadi eksim dapat mengakibatkan infeksi. Eksim umumnya menyerang bagian-bagian badan seperti lutut, siku, tangan, kaki serta dapat menebar bila telah jadi eksim lanjut.

Pemicu

Pemicu eksim dengan spesial memang belum pernah didapati. Akan tetapi pemicu alergi kulit yang alami eksim, umumnya peka dengan jenis makanan spesifik yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Diluar itu, banyak pasien eksim yang begitu sensitif dengan desakan serta depresi. Infeksi bakteri spesifik dapat juga mengakibatkan eksim jadi lebih kronis.

Gejala Eksim

Tanda-tanda awal eksim umumnya cuma berbentuk perasaan gatal yang lalu berkembang jadi ruam. Ruam kemerahan bisa menjadi abuh serta jika di garuk jadi dapat mengakibatkan infeksi bakteri di luar. Jenis bakteri yang seringkali diketemukan ialah bakteri staphiococcus serta streptokokus.

Perawatan

Eksim umumnya diobati dengan beberapa macam obat salep kulit yang memiliki kandungan belerang atau bahan spesial. Bedak untuk eksim memang efisien akan tetapi cuma dapat dipakai untuk tanda-tanda awal saja. Sedang eksim yang telah lanjut masih memerlukan beberapa obat dari dalam yang memiliki kandungan antibiotik. Eksim bisa muncul serta berkembang selalu karenanya perawatan eksim memerlukan waktu yang lebih lama.

Kudis ( Scabies )

Kudis ( Scabies )

Kudis ialah salah satu penyakit kulit yang karena disebabkan serangan tungau atau kutu kecil. Jenis kutu kecil yang seringkali dimaksud dengan arti sarcoptes scabiei. Penyakit ini akan mengakibatkan bercak kemerahan di bagian tertentu pada kulit. Infeksi dari kutu kecil dapat masuk ke sisi dalam kulit lalu mengisap darah serta mengakibatkan ruam kemerahan hingga menyebabkan iritasi.

Penyakit ini begitu gampang menyebar cukup dengan kontak fisik dengan pasien. Bahkan juga kontak langsung dengan baju atau peralatan mandi dapat juga mengakibatkan penyebaran.

Gejala

Gejala penyakit kudis hampir sama juga dengan jenis penyakit kulit lainnya. Ada rasa gatal yang amat kuat pada bagian-bagian kulit saat kutu masuk ke susunan kulit. Lalu sisa kutu akan tumbuh tonjolan kecil, lantas akan melepuh serta menebar ke sisi kulit lainnya. Beberapa permasalahan ini umumnya banyak menyerang pada jari, seputar pinggang, dada, lutut, serta tulang belikat.

Pengobatan

Sebelum kudis berkembang jadi penyakit yang begitu serius serta susah untuk diobati, jadi pada langkah awal dapat diobati dengan mudah. Cara-cara yang dapat dikerjakan untuk menyembuhkan kudis yaitu dengan merendam sisi kulit yang gatal dengan air dingin, menggunakan pelembab yang memiliki kandungan calamine. Bila keadaan telah kronis jadi dapat menggunakan obat antibiotik serta antihistamin.

Mencegah Kudis

Langkah untuk mencegah kudis atau penyebaran kudis mesti dilakukan dengan berhati-hati. Kutu yang mengakibatkan kudis gampang loncat serta beralih lalu menyerang orang yang lain. Jadi langkah untuk mencegah ialah seperti berikut ini :

  • Membersihkan semua baju serta isi kamar orang yang terserang penyakit kudis.
  • Bersihkan serta rendam semua baju, handuk serta selimut di air hangat lalu jemur di bawah cahaya matahari.
  • Buang semua jenis peralatan yang tidak terpakai di rumah untuk mencegah tempat untuk sarang kutu.
  • Membersihkan tempat tidur dengan bahan spesial yang dapat membunuh kutu apabila butuh jemur di bawah cahaya matahari.

Herpes

Herpes

Herpes ialah penyakit kulit yang dikarenakan oleh virus. Herpes bisa mengakibatkan kulit jadi ruam. Penyakit ini begitu mengganggu sebab umumnya mengakibatkan sakit serta demam pada penderitanya. Pemicu penyakit herpes ialah virus varisella. Virus bisa menyerang di bagian tulang belakang serta otak hingga penyakit seringkali cepat pulih dan muncul kembali.

Gejala

Gejala awal penyakit herpes umumnya diikuti dengan ruam atau bintik kecil di bagian badan spesifik. Sesudah itu, akan muncul perasaan panas seperti terbakar. Bila sisi yang sakit disentuh jadi dapat mengakibatkan infeksi pada daerah di sekelilingnya. Cairan herpes yang pecah serta gatal akan gampang menyebar ke orang yang lain serta menebar ke anggota badan lainnya. Tanda-tanda selanjutnya bisa mengakibatkan sakit kepala, demam serta badan yang gampang capek.

Langkah Perawatan

Langkah perawatan herpes dengan memakai cream khusus untuk kulit yang memiliki kandungan antibiotik. Diluar itu orang yang telah terserang infeksi lanjut semestinya lakukan vaksinasi untuk meningkatkan kebal badan pada serangan virus varisella.

Beberapa macam penyakit kulit yang berlangsung bukan sekedar mengganggu tampilan, tetapi dapat juga mengakibatkan penyakit yang lebih kronis. Karenanya mengawasi kebersihan kulit serta membuat kebal badan dapat dikerjakan untuk menahan semua tipe penyakit kulit yang gampang menyerang kita. Mengawasi kebersihan diri, baju serta lingkungan akan menghindari kulit dari beberapa kekuatan infeksi virus serta bakteri pemicu penyakit kulit.

Melanoma

Melanoma

Melanoma merupakan kanker kulit beresiko yang dapat menyebabkan kematian jika tidak diobati. Melanoma sangat beresiko jika terlihat pada leher atau kulit kepala. Melanoma tunjukkan tanda beresiko jika tahi lalat yang ada di kulit makin jadi membesar serta mengalami pergantian warna serta tunjukkan tanda-tanda peradangan.

Psoriasis

Psoriasis

Psoriasis termasuk juga salah satunya penyakit kulit yang susah untuk didiagnosa. Anggota badan yang biasa terserang eksim umumnya sama juga dengan anggota badan yang terserang psoriasis. Kulit kepala, punggung bagian bawah, telapak tangan, dan telapak kaki ialah bagian-bagian badan yang riskan terserang psoriasis. Depresi, trauma, dan tingkat kalsium yang rendah dapat juga menyebabkan psoriasis.

Pertanda psoriasis yakni timbulnya bercak-bercak merah serta di atasnya ada sisik-sisik putih berlapis-lapis. Jika digaruk, sisik-sisik itu bisa rontok. Walau sebelumnya luas permukaan kulit yang terserang kecil, psoriasis dapat makin melebar bila tidak selekasnya diatasi.

Itulah beberapa penyakit kulit yang sering kita temukan dalam kesehatan kulit. Terima kasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*