Berbagai Manfaat Tomat Yang Jarang Diketahui

Berbagai Manfaat Tomat Yang Jarang Diketahui

Walau sering disebut juga sebagai sayur, ternyata tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan loh. Buah yang biasanya berwarna orange dan merah ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Manfaat tomat untuk kesehatan tubuh pun beragam,. Mulai dari mencukupi nutrisi tubuh kita hingga mencegah sel kanker.

Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen ( lycopene ). Zat tersebut dapat membantu memerangi efek radikal bebas penyebab sel kanker. Anti-oksidan lainnya yang ada pada tomat yakni polifenol, naringenin, serta chlorogenic acid. Diluar itu, tomat rendah kalori serta lemak, akan tetapi kaya karotenoid, lutein, gula, vitamin A, vitamin C, folat, serta kalium. Tidak heran bila faedah tomat juga melimpah ruah.

Berbagai Jenis Macam Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa jenis manfaat tomat yang dipercaya bisa mencegah keringanan gejala penyakit tertentu, diantaranya:

Mencegah Kanker

Karena memiliki kandungan anti-oksidan seperti likopen, karotenoid, serta polifenol, tomat bisa menolong menahan rusaknya DNA didalam sel karena radikal bebas yang bisa mengakibatkan kanker. Karena itu, faedah tomat disangka bertindak dalam menahan beberapa kanker beresiko, seperti kanker prostat, kanker kolorektal, lambung, mulut, paru-paru, payudara, serta kandung kemih. Akan tetapi, anggapan itu masih tetap memerlukan bukti serta riset selanjutnya karena beberapa riset yang dikerjakan selama ini masih tetap tunjukkan data yang belumlah berkelanjutan.

Menjaga Kesehatan Jantung Serta Pembuluh Darah

Beberapa riset tunjukkan jika faedah tomat berkaitan erat dengan kesehatan jantung serta turunkan aspek resiko penyakit jantung. Kandungan kalium serta likopennya efisien turunkan kandungan kolestrol buruk atau LDL serta menolong mengawasi stabilitas irama jantung. Nutrisi pada tomat juga dapat dibuktikan bisa kurangi peradangan yang berkaitan dengan resiko penyakit jantung, serangan jantung, serta stroke, terpenting pada seorang dengan obesitas.

Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Faedah tomat yang lain datang dari kandungan kaliumnya. Tingkatkan konsumsi kalium dan kurangi natrium (garam) begitu terpenting untuk turunkan tekanan darah. Riset tunjukkan jika konsumsi tomat serta kurangi konsumsi garam dalam alur makan keseharian dapat kurangi tekanan darah pada pasien tekanan darah tinggi yang mudah.

Mengawasi Kesehatan Mata

Tomat memiliki kandungan beberapa nutrisi terpenting membuat perlindungan kesehatan mata. Faedah tomat yang memiliki kandungan anti-oksidan lutein, zeaxanthin, serta karotenoid bisa menolong kurangi tanda-tanda mata capek, serta kurangi resiko penyakit mata berkaitan penuaan, seperti degenerasi makula.

Menjaga Kesehatan Kulit

Menurut satu penelitian, likopen diduga bisa naikkan kemampuan kulit membuat perlindungan diri dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berefek dan membantu mengamati kulit tampak awet muda. Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga bertindak jadi perangsang kolagen dan anti-oksidan yang membantu meredam rusaknya kulit oleh sinar matahari, polusi dan asap. Tomat juga membantu dalam meredam kerutan halus dan lakukan perbaikan susunan kulit keseluruhannya.

Bagus Untuk Para Penderita Diabetes

Tomat merupakan sumber serat yang bagus untuk tubuh kita, serta rendah lemak dan gula. Tentunya bagus untuk para penderita diabetes, dikarenakan manfaat tomat dari kandungan nutrisi yang berlimpah dan merupakan makanan yang rendah indeks glikemik.

Menjaga Berat Badan

Tomat yang rendah kalori, karbohidrat serta lemak, akan tetapi kaya nutrisi lainnya, mempunyai faedah dalam mengawasi berat tubuh. Faedah tomat yang satu ini terpenting untuk Anda yang tengah turunkan berat tubuh, karena beberapa kandungan gizi dalam buah tomat bisa memenuhi keperluan nutrisi ketika sedang diet.

Itulah beberapa jenis manfaat dari buah tomat tersebut, namun masih banyak lagi manfaat yang masih membutuhkan penelitian terlebih dahulu dan bukti lebih lanjut tentunya. Maka jangan ragu untuk mengkonsumsi tomat dan menyertakan tomat dalam menu makan sehari hari anda dikarenakan tomat mempunyai segudang manfaat penting bagi tubuh anda. Terima kasih.

Artikel ini berasal dari sumber terpercaya tentunya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*