Cara Mudah Cek Kesehatan Sendiri

Cara Mudah Cek Kesehatan Sendiri

Cara Mudah Cek Kesehatan Sendiri

Memeriksa kesehetan tubuh ke rumah sakit tentu bukan sebuah aktivitas yang disukai orang banyak. Apabila anda merupakan salah satu orang yang males dalam check – up ke rumah sakit, mungkin kamu bisa mencoba 6 cara ini untuk mengetahui kondisi dari kesehatan anda.

6 Cara mudah cek kesehatan tubuh sendiri

Fleksibilitas

Fleksibilitas

Duduklah di lantai serta luruskan ke-2 kaki ke depan. Coba untuk menyentuh ujung ke-2 kaki dengan ke-2 ujung jarimu. Jika kamu bisa lakukan ini dengan gampang, tubuhmu berarti ada dalam bentuk yang baik.

Sebaliknya bila anda kesulitan dalam menyentuh ujung kaki anda, maka anda harus mulai melakukan latihan yoga, pilates, atau berenang. Agar tubuh dan persendian anda tidak kaku.

Jantung

Jantung

Lakukan pergerakan duduk diam tanpa bersuara saat 5 menit, lantas tempatkan 2 jari dibalik pergelangan tanganmu. Dapatkan detak jantungmu. Kalkulasilah detak jantung saat 1 menit.
Untuk orang dewasa atau anak diatas umur 10 tahun, 60-100 detak per menit terhitung normal. Bila kurang atau lebih, berarti terdapat permasalahan pada tekanan darahmu. Coba periksakan ke dokter.

Mata

Mata

Tutup mata sebelah kamu lalu mundur 3-5 langkah dari monitor. Lihatlah gambar lingkaran ini, lihat apa beberapa garis tampak lebih gelap dari yang lain.

Jika iya, bermakna kamu butuh periksakan diri ke dokter mata karena peluang kamu menanggung derita penyakit astigmastigma. Nah, astigmatisme ini adalah masalah pandangan yang disebabkan cacat pada kelengkungan lensa atau kornea, yang bisa menyebabkan pandangan terdistorsi atau kabur.

Jari – Jari

Jari - jari

Tuanglah air dingin ke gelas serta celupkan jari-jari tanganmu ke dalamnya selama 30 detik. Bila ujung jarimu beralih jadi warna putih atau biru, pertanda kamu miliki permasalahan dengan peredaran darah.
Pergantian temperatur yang berarti bisa membuat pembuluh darah berkontraksi, hingga darah tidak mengalir normal. Jari tangan serta kaki, hidung, serta telinga akan jadi mati perasaan. Hindarilah pergantian suhu yang mencolok.

Sistem Pernafasan

Sistem Pernafasan

Nyalakan korek api, lalu luruskan tangan ke depan sekalian memegang korek api yang menyala. Tarik nafas dalam-dalam lewat hidung, buang melalui mulut sekalian coba mematikan api.
Kalkulasilah, berapakah kali kamu coba meniupnya sampai mati? Jika perlu seringkali, bermakna skema pernafasanmu melemah. Ini dapat dikarenakan oleh merokok, kurang berolahraga, atau penyakit pada aliran nafas.

Tiroid

Tiroid

Tutup matamu, luruskan tangan ke depan, serta bukalah ke-2 telapak tanganmu. Mintalah seorang untuk menempatkan selembar kertas tipis ke atas ke-2 telapak tanganmu. Jika kertas itu bergetar dengan jari-jari tanganmu, kamu mesti periksakan diri ke dokter pakar endokrin.

Penumpukan Cairan

Penumpukan Cairan

Coba tekan sisi atas atau bawah telapak kakimu dengan jempol tangan. Jika beberapa menit lalu masih tetap tercipta cekungan sesudah kamu melepas desakan, pertanda tubuhmu mempunyai permasalahan penimbunan cairan. Yang bisa kamu kerjakan merupakan kurangi konsumsi garam serta makanan instant.

Namun, harus di ingat ya guys, pengecekan sederhana ini bukanlah dasar salah satu diagnosa penyakit loh ya. Untuk pemeriksaan lebih mendalam gejala yang anda alami, kami sarankan anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*