Faedah dan nutrisi Kembang Kol Untuk Kesehatan Tubuh

Faedah dan nutrisi Kembang Kol Untuk Kesehatan Tubuh

Kembang kol merupakan sayuran yang sering kita jumpai tiap kita memakan sup sayuran. Kembang kol pada umumnya berwarna putih kekuningan atau kehijauan, namun ada juga yang berwarna ungu serta orange. Dibalik berbagai warna yang unik, kembang kol ternyata memiliki segudang faedah untuk kesehatan kita loh, penasaran dengan berbagai faedah kembang kol? Mari kita simak penjelasan Faedah dan nutrisi Kembang Kolberikut ini.

Kandungan Gizi Pada Kembang Kol

Meskipun umumnya kembang kol berwarna putih, ini bukan berarti kembang kol miskin akan vitamin ataupun mineral. Faktanya, kembang kol memiliki kandungan kaya vitamin serta mineral yang tidak kalah dengan sayuran hijau yang lain.

Menurut Dasar Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan RI, tiap-tiap 100 gr kembang kol mentah memiliki kandungan 25 kalori, 5 gr karbohidrat yang terbagi dalam 3 gr serat serta 2 gr gula, 30 miligram natrium, serta 1 gr protein. Dalam ukuran yang sama, kembang kol dapat juga penuhi 77 % keperluan vitamin C harian, 19 % keperluan vitamin K, 2 % keperluan kalsium, serta 2 % zat besi harian anda.

Bila dilihat dari kandungan gizinya, kembang kol termasuk juga sayuran yang begitu rendah kalori, tetapi tinggi serat. Hal seperti ini pasti jadi berita baik buat anda yang tengah diet.

Masalahnya kandungan serat pada kembang kol bisa membuat anda kenyang lebih lama hingga terlepas dari kalap makan. Bahkan juga sebenarnya, anda dapat makan banyak kembang kol tiada takut berat tubuh naik karena kandungan kalorinya rendah.

Diluar itu, kembang kol juga memiliki kandungan karotenoid, tokoferol, serta asam askorbat. Ke-3 jenis senyawa ini termasuk juga anti-oksidan yang berguna membuat perlindungan beberapa sel badan dari penyakit akut.

Faedah dan nutrisi Kembang Kol Untuk Kesehatan Tubuh

Faedah Kembang Kol Untuk Kesehatan

Kurangi Resiko Kanker

Orang yang jarang makan kembang kol diketemukan lebih beresiko terserang kanker dibanding orang yang seringkali makan kembang kol, seperti yang dijelaskan oleh National Cancer Institute. Hal seperti ini di pengaruhi oleh senyawa sulforaphane serta indoles pada kembang kol yang disebut-sebut menjadi zat anti-kanker.

Diluar itu, kembang kol juga memiliki kandungan dua senyawa anti-oksidan bernama glukosinolat serta isotiosianat. Dua jenis anti-oksidan ini dapat dibuktikan ampuh dalam menghalangi pemisahan sel tumor supaya tidak berkembang jadi sel kanker. Menurut riset, kembang kol bisa menghalangi perkembangan sel kanker prostat, kanker paru, kanker perut, kanker usus besar, serta kanker payudara

Memperlancar Pencernaan

Untuk Anda yang alami masalah pencernaan, cobalah sering untuk mengkonsumsi kembang kol tersebut. pasalnya salah satu faedah kembang kol bisa membantu memperlancar pencernaan sekaligus juga menahan semua masalah pada pencernaan, seperti sembelit, divertikulitis (peradangan divertikulum, kantung di usus besar), serta penyakit radang usus (IBD).

Kembang kol memiliki kandungan 3 gr serat yang bisa penuhi 10% keperluan serat harian Anda. Makanan kaya serat ini bisa menolong mendorong feses melalui skema pencernaan lebih gampang. Tidak cuma membuat pencernaan menjadi lebih lancar, hal seperti ini dapat juga menolong mengawasi kesehatan usus besar Anda.

Membantu Dan Menjaga Kesehatan Jantung

Suatu riset yang diedarkan pada Oxidative Medicine and Cellular Longevity tahun 2015, sulforaphane mempunyai karakter antiradang yang bisa menolong membuat perlindungan badan dari hipertensi, ateroskelosis, stroke, serta penyakit jantung.

Kandungan sulforaphane yang terdapat di kembang kol bertindak untuk memperkuat pembuluh darah sekaligus juga menolong turunkan tekanan darah tinggi. Saat tekanan darah bisa dikendalikan dengan baik, ini berarti jantung Anda tidak butuh bekerja dengan keras untuk memompa darah ke semua badan.

Makin kuat pembuluh darah ditambah lagi saluran darah yang lancar, makin gampang juga buat Anda untuk terlepas dari resiko penyakit jantung.

Untuk memperoleh semua faedah kembang kol itu, Anda disarankan untuk konsumsi 1,5 sampai 2,5 cangkir atau sama dengan 150 sampai 250 gr kembang kol setiap minggunya. Anda dapat mengolahnya jadi sup hangat, salad, atau tumis sayuran sesuai dengan hasrat serta selera anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*