Faedah Ketan Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Faedah Ketan Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Faedah Ketan Hitam Untuk Kesehatan Tubuh – Ketan hitam merupakan salah satu bahan pangan yang sering kita olah menjadi bubur, kue serta pudding. Dibalik rasanya yang legit, ketan hitam rupanya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari menjaga kesehatan pencernaan, mencegah penyakit jantung hingga sebagai antikanker.

Ketan hitam akan berubah warna menjadi keunguan bila sudah dimasak. Warna hitam pada ketan hitam adalah pertanda bahwa ketan hitam mengandung antosianin dalam jumlah yang banyak. Antosianin merupakan pigmen antioksidan, yang juga ditemukan pada terong serta bluberi.

Ketan hitam juga mengandung zat besi, protein, karbohidrat, vitamin E, serat, natrium, dan juga zinc. Dari banyaknya kandungan nutrisi yang tertulis sebelumnya, kesimpulan bahwa manfaat ketan hitam juga tidak kalah banyak.

Manfaat Ketan Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan adanya banyak kandungan pada ketan hitam, tentu saja terdapat berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Diantaranya sebagai berikut ini :

  • Melawan kanker serta penyakit jantung

    Nyatanya faedah ketan hitam ikut dianggap bisa untuk membantu melawan kanker serta penyakit jantung. terkait faedah itu, seseorang pakar menjelaskan, kandungan antosianin pada ketan hitam yang bertindak terpenting. Anti-oksidan diperkirakan bertindak dalam kurangi kandungan kolesterol jahat atau LDL, hingga ikut berperan dalam upaya melawan penyakit jantung.

    Diluar itu, anti-oksidan ikut mempunyai karakter antiradang serta antikanker. Antosianin menjadi anti-oksidan didapati bisa turunkan resiko obesitas, diabetes, serta penyakit jantung. Akan tetapi penemuan tentang karakter antikanker dari zat ini, masih tetap membutuhkan riset selanjutnya.

  • Mendukung daya tahan tubuh

    Salah satunya faedah ketan hitam buat kesehatan tubuh ialah dampaknya dalam menolong menguatkan skema kebal badan manusia. Bahkan juga, menurut penelitian suatu universitas, ketan hitam mempunyai potensi lebih baik dibanding beras merah untuk perihal ini.

    Potensi ketan hitam itu mungkin berkaitan dengan tingginya vitamin E di dalamnya. Tidak hanya menguatkan skema kebal badan, vitamin E ikut membuat perlindungan sel dari rusaknya yang disebabkan oleh radikal bebas.

    Hal ini mungkin juga terkait dengan tingginya kandungan antosianin dalam ketan hitam. Bahkan, kandungan antosianin yang merupakan antioksidan ini, lebih tinggi dalam ketan hitam dibandingkan dengna buah blueberry.

  • Pewarna alami makanan

    Warna ketan hitam yang bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan, dari merah muda hingga hitam. Menggunakan pewarna makanan dari ketan hitam tentu akan lebih baik lagi untuk kesehatan dikarenakan merupakan bahan alami.

    Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan atau minuman dengan pewarna buatan berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti resiko kanker, hiperaktif pada anak serta alergi.

  • Menghindari anemia

    Ketan hitam juga memiliki kandungan zat besi yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia.

    Karenanya, konsumsi ketan hitam diakui bisa kurangi resiko terserang anemia karena kekurangan zat besi. Akan tetapi, perihal ini masih tetap butuh dikaji selanjutnya.

  • Membentuk sel serta jaringan

    Ketan hitam juga kaya akan protein nabati, protein sangatlah penting untuk membentuk sel dan membangun berbagai jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit serta tulang.

  • Membantu menjaga kesehatan pencernaan

    Ketan hitam termasuk juga gandum utuh, hingga kandungan seratnya cukup tinggi. Serat sangatlah penting dalam menjaga kesehatan usus. Sementara itu, serat dapat juga menolong turunkan berat tubuh, tekanan darah, serta kolesterol. Menurut riset, beras ketan hitam ikut mempunyai dampak probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

Faedah yang tertera diatas memang masih memerlukan pembuktian melalui penelitian klinis yang lebih lanjutnya. Namun, tidak salahnya memberikan asupan yang bagus untuk anak mengingat banyak kandungan penting dalam ketan hitam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*