Harus Diketahui! Penyebab Dan Obat Sariawan Anak

Obat Sariawan Anak

Memberikan obat sariawan kepada anak sangat dibutuhkan untuk mengatasi sakit pada mulut. Sariawan anak bisa saja sembuh dalam beberapa hari. Namun, sariawan juga bisa bertahan lebih lama. Periksakanlah sikecil ke dokter bila sariawan pada anak tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu.

Sariawan memang tidak sering terjadi pada bayi serta anak – anak yang dibawah usia 10 th. Kemunculannya ditandai dengan adanya lingkaran putih serta kuning di mulut. Sementara, area mulut yang terkena sariawan akan dikelilingi guratan merah yang bisa menimbulkan rasa sakit. Anak yang sariawan umumya menjadi tidak nyaman dalam menelan makanan, bermain serta belajar.

Mengkonsumsi Obat Sariawan Bila Diperlukan

Meskipun penyebab sariawan belum diketahui dengan jelas, namun sariawan bisa disebabkan faktor genetika ( keturunan ) atau trauma mulut dan dipengaruhi oleh keseimbangan nutrisi serta pola kebersihan pada rongga mulut anak. Trauma pada mulut biasanya disebabkan oleh pengelupasan kulit di mulut yang akibat prosedur pemeriksaan oleh dokter gigi, tertusuk tulang ikan atau tidak sengaja tergigit dibagian tertentu dalam mulut.

Apabila anggota keluarga mempunyai riwayat sariawan yang cukup sering, hal ini mungkin bisa diturunkan kepada anak-anaknya. Beberapa orang bahkan bisa mendapatkan sariawan yang dipicu karena stres. Namun juga terdapat pemicu timbulnya sariawan yang berkaitan dengan infeksi virus, alergi makanan, atau malnutrisi yaitu kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, Zat besi, Zinc, atau Asam Folat.

Biasanya rasa sakit pada sariawan terjadi sekitar 4 harian, kemudian sariawan akan sembuh dengan sendirinya sekitar 7-10 hari. dalam 2 minggu bila sariawan tidak sembuh juga maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Beberapa macam obat sariawan anak yang akan diberikan oleh dokter biasanya berbentuk:

  • Obat alami didalam rumah.
  • Pemberian obat resep topikal.
  • Obat kumur-kumur spesial.

Untuk penggunaaan obat topikal untuk mengobati sariawan anak yang digunakan langsung di ruang mulut, semestinya ikuti ketentuan penggunaan. Diantaranya, keringkan ruang mulut anak yang terkena sariawan memakai tisu kering dengan berhati-hati. Beri sedikit atau secukupnya obat sariawan anak ke kapas penyeka. Lantas, berikan kapas ke ruang sariawan dengan perlahan serta berhati-hati.

Lalu meminta anak-anak tidak konsumsi makanan atau minuman saat 30 menit sesudahnya supaya obat bisa diserap dengan baik.

Langkah Mengurangi Rasa Sakit Pada Mulut Anak

Perasaan sakit sebab sariawan dapat diatasi dengan penggunaan obat-obatan penghilang sakit seperti parasetamol atau ibuprofen. Jangan sampai memberi aspirin untuk meredakan rasa sakit pada mulut anak-anak serta umur dibawah 19 tahun. Obat ini bisa menyebabkan penyakit yakni sindrom Reye pada bayi serta anak. Sindrom Reye ialah keadaan serius yang mengakibatkan pembengkakan otak serta organ hati.

Diluar itu, tindakan penanganan didalam rumah dapat dilakukan untuk kurangi perasaan sakit serta perih karena sariawan, yakni seperti berikut:

  1. Kompres bagian sariawan menggunakan es batu, untuk kurangi perasaan nyeri.
  2. Mengamati mengkonsumsi nutrisi mesti mulai dari protein, lemak, vitamin, mineral, dan cairan dengan penuhi kepentingan air minum buat anak.
  3. Hindari anak-anak konsumsi makanan dan minuman sangat asam, pedas, dan asin, karena dapat tingkatkan perasaan perih sekitar ruangan sariawan. Jauhi juga makanan seperti keripik dan kacang yang dapat membuat serpihan yang bisa mengiritasi gusi dan jaringan halus di mulut.
  4. Menggunakan pasta gigi dan obat-obat kumur sama juga dengan resep dokter. Bila kemungkinan besar, jauhi pasta gigi yang mempunyai kandungan SLS (sodium lauryl sulphate), yang dapat menyebabkan perih dan tingkatkan iritasi pada sariawan.
  5. Jauhi memoleskan gel pereda nyeri karena memiliki kandungan aktif yang dapat membahayakan kesehatan anak. Tanyakanlah pada dokter atau tenaga medis profesional untuk memperoleh langkah yang cocok.
  6. Menyikat gigi anak dengan sikat gigi berbulu halus dengan menggosoknya dengan perlahan-lahan.

Perhatikan terus sariawan pada anak. Sariawan yang berlarut – larut pada anak, sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan berupa obat sariawan secara tepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*