Inilah Manfaat Vitamin D Selain Untuk Tulang

Inilah Manfaat Vitamin D Selain Untuk Tulang

Vitamin D diperlukan oleh orang dewasa hingga anak – anak untuk perawatan kesehatan tulang. Tidak hanya bermanfaat untuk tulang, ada banyak manfaat vitamin D yang dapat dirasa oleh badan. Dari mulai mengendalikan kandungan kalsium, sampai menahan beberapa penyakit serius.

Walau umum dikatakan sebagai vitamin, sebetulnya vitamin D bukan hanya vitamin, akan tetapi dipandang seperti pro-hormon. Vitamin ialah nutrisi yang perlu didapat lewat makanan atau suplemen, sebab tidak bisa dibikin sendiri oleh badan. Namun, cahaya dari matahari juga bisa menjadi vitamin D ditubuh kita.

Manfaat Vitamin D Untuk Tubuh

Menurut riset, faedah vitamin D bukan sekedar menjaga kekuatan tulang kita, tetapi ikut dapat kurangi resiko beberapa penyakit, salah satunya:

Diabetes

Makin tinggi kandungan vitamin D pada tubuh, makin rendah resiko diabetes type 2. Kandungan vitamin D yang tidak mencukupi berefek jelek pada produksi insulin serta toleransi glukosa. Menurut riset, vitamin D yang cukuplah sewaktu kanak-kanak akan membuat anak terlepas dari diabetes jenis 1.

Kanker

Vitamin D dipercaya dapat membantu mencegah kanker usus besar, kanker prostat, serta kanker payudara. Hormon aktif vitamin D yang bernama calcitriol dapat kurangi perubahan sel kanker dengan tingkatkan kematian sel kanker, perlambat perubahan pembuluh darah baru di jaringan kanker, dan kurangi perkembangan, menambahkan, serta penyebaran sel kanker.

Kehamilan

Ibu hamil yang kekurangan vitamin D lebih beresiko terserang preeklamsia, melahirkan lewat operasi caesar, diabetes gestasional, serta vaginosis bakterialis. Akan tetapi, kandungan vitamin D yang sangat tinggi waktu hamil ikut tidak baik sebab akan meningkatkan resiko alergi makanan pada anak.

Stress

Vitamin D dipercaya turut bertindak dalam perubahan serta fungsi otak. Bila kandungan vitamin D di diri seorang tinggi, resiko stres akan menyusut. Demikian sebaliknya, bila kandungan vitamin D dalam tubuh rendah, resiko stres dan masalah saraf serta otak akan bertambah.

Multiple sclerosis

Menurut riset, seorang dengan kandungan vitamin D yang rendah beresiko terserang multiple sclerosis serta beberapa penyakit autoimun seperti artritis, penyakit tiroid, penyakit Crohn, psoriasis serta radang usus. Karena, vitamin D ikut merubah skema imunitas.

Memperoleh Vitamin D dengan Alami Dalam Tubuh

Supaya tidak terjangkit beberapa penyakit yang dijelaskan diatas, Anda dapat memperoleh vitamin D dari sumber-sumber di bawah ini:

  • Cahaya Matahari
    Saat cahaya matahari masuk ke kulit, badan akan membuat vitamin D sendiri. Walau demikian, janganlah kelamaan berjemur dibawah cahaya matahari serta janganlah lupa menggunakan tabir surya supaya kulit tidak terbakar.
  • Berbagai Jenis Makanan
    Selain dari bantuan sinar matahari, vitamin D dapat juga bisa didapat dari beberapa macam makanan, contohnya ikan berminyak ( salmon, makarel, sarden ), susu, sereal, jamur, minyak ikan cod, hati sapi, ikan tuna, telur, udang serta yogurt.

Makanlah asupan dengan nutrisi seimbang serta berjemur dibawah matahari saat pagi hari, supaya badan Anda dapat memperoleh faedah vitamin D dengan optimal. Yang tidak kalah terpenting, upayakan selalu untuk olahraga, hingga kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga dan sehat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*