Jangan Biarkan Gigi Ompong Menghalangi Senyum Indah Anda

Jangan Biarkan Gigi Ompong Menghalangi Senyum Indah Anda

Gigi ompong depan pasti akan mengganggu kepercayaan diri dan juga senyum indah kita. Bila Anda merasakannya, pemasangan gigi tiruan bisa jadi pilihan untuk menanganinya.

Dari banyaknya organ di badan manusia, gigi adalah anggota badan yang sangat keras. Orang dewasa biasanya mempunyai 32 buah gigi. Gigi-gigi itu berguna untuk kunyah makanan serta membantu kita berbicara.

Langkah Mengatasi Gigi Ompong

Walaupun memiliki permukaan yang keras, gigi juga dapat terjangkit penyakit, seperti plak, karies, berlubang, bahkan putus sampai gigi ompong. Kondisi ini sering membuat sebagian orang merasa malu atau rendah diri dan juga jarang senyum.

Untuk mengatasi gigi ompong depan atau manapun, Anda bisa melakukan beberapa perawatan gigi berikut ini:

Menggunakan Gigi Palsu

Gigi palsu bisa menjadi pilihan terfavorit untuk menutupi gigi ompong sebab harga nya yang relatif murah. Diluar itu, gigi palsu ikut gampang untuk dibikin bersih sebab dapat dilepas-pasang. Ada dua jenis gigi palsu yang dapat diambil, yakni gigi tiruan Lengkap ( GTL ) serta gigi tiruan Sebagian ( GTS ).

GTL diperuntukkan buat mereka yang tidak mempunyai gigi benar-benar, sedangkan GTS dapat diambil oleh mereka yang masih tetap memiliki beberapa gigi alami. Gigi palsu umumnya terbuat berbahan logam atau plastik. Memiliki bentuk juga sesuai dengan lengkung rahang serta lekukan gusi pasien supaya cocok di mulut

Gigi palsu begitu dibutuhkan, terpenting bila gigi ompong membuat Anda kesusahan kunyah makanan. Diluar itu, gigi palsu ikut dapat menahan otot-otot muka mengendur. Sayangnya, gigi palsu gampang rusak atau terlepas serta mungkin perlu seringkali ditukar dibanding tipe alternatif gigi yang lain.

Menggunakan Implan Gigi

Bila terasa tidak nyaman memakai gigi palsu, implan gigi dapat jadi pilihan dalam menangani gigi ompong, terpenting bila rongga mulut mengecil serta tidak dapat kembali dipasang gigi palsu. Implan mesti sesuai dengan bentuk mulut serta tempat gigi lainnya, sama dengan gigi palsu.

Implan dipasang dengan memasukkan sekrup titanium ke tulang rahang untuk menyangga gigi palsu, bridge, atau crown gigi. Oleh karenanya, implan umumnya lebih mahal, cuma dipakai untuk ganti satu atau beberapa gigi saja serta belumlah pasti pas untuk kebanyakan orang.

Walau demikian, implan mempunyai beberapa keuntungan, contohnya dapat dipakai bertahun – tahun serta membantu menahan rahang mengecil disebabkan gigi yang ompong.

Menempatkan Bridge

Bila Anda tidak pas dengan dua pilihan diatas, Anda dapat lakukan bridge untuk menukar gigi yang ompong. Dalam cara ini, gigi palsu disangga oleh dua gigi yang berada di sebelahnya. langkahnya, enamel gigi samping kanan serta kiri dari gusi yang ompong dikikis supaya bisa dipasang crown.

Lalu, dibuatlah gigi palsu yang diapit oleh dua crown. Gigi palsu ini lantas diletakkan di gusi yang tidak ada giginya, serta crown dimasukkan ke gigi kiri serta kanan yang telah dikikis enamelnya. Gigi palsu ini dapat dibikin dari emas, logam kombinasi, porselen, atau gabungan beberapa bahan itu.

Bridge dapat bertahan sampai 15 tahun atau lebih tiada butuh ditukar dengan yang baru. Dengan prasyarat, selalu harus mengawasi kebersihan mulut dengan baik serta teratur periksakan gigi dengan teratur ke dokter gigi.

Akan lebih baik bila anda menjaga kebersihan gigi anda, sikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari, rutin mengecek gigi kedokter gigi. Tentu mencegah lebih baik dari pada mengobati, serta akan tetap pede dalam memberikan senyum kepada orang – orang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*