Langkah Memperbanyak ASI Alami

Langkah Memperbanyak ASI Alami

Langkah Memperbanyak ASI Alami – Permasalahan yang seringkali dihadapi oleh ibu menyusui merupakan minimnya produksi ASI . Sayangnya, banyak ibu yang tidak tahu langkah perbanyak ASI dengan alami, hingga suplemen jadi pilihan utama. Walau sebenarnya, badan wanita dengan alami bisa menghasilkan ASI untuk memenuhi keperluan bayinya.

Menurut riset, memberikan ASI dengan eksklusif pada enam bulan pertama memberi manfaat yang dapat dirasakan dalam periode panjang. Beberapa institusi kesehatan dunia, termasuk juga Tubuh Kesehatan Dunia (WHO), mereferensikan pemberian ASI eksklusif karena menurut hasil riset, bayi yang dikasihkan ASI mempunyai resiko lebih rendah untuk alami penyakit infeksi, seperti pneumonia serta diare. ASI dapat juga mendukung tumbuh kembang bayi yang normal, serta bisa kurangi resiko obesitas pada anak serta remaja.

Langkah Memperbanyak ASI

Terdapat cara alami yang dapat memperbanyak ASI ibu menyusui seperti berikut ini :

Menghindari kecemasan

Anda tak perlu kuatir kekurangan ASI. Saat Anda sehat dengan fisik ataupun mental serta konsumsi makanan sehat, Anda masih bisa menghasilkan ASI. Begitupun dengan keadaan bayi. Saat bayi baik-baik saja, dia selalu konsumsi ASI serta ASI selalu diproduksi.

Istirahat yang cukup

Istirahat terpenting untuk mengawasi stabilitas produksi ASI. Atur jadwal tidur Anda, contohnya bila bayi tengah tidur, Anda disarankan untuk tidur juga. Beristirahat juga dapat dikerjakan sekalian bersantai bersama dengan bayi atau kurangi pekerjaan diluar rumah. Jauhi rokok serta minuman mengandung alkohol, karena ke-2 hal itu bisa mengakibatkan menyusutnya produksi ASI

Beri ASI terus-menerus

Pada beberapa minggu pertama kelahirannya, jadwal pemberian ASI mungkin saja belumlah dapat teratur. Walau demikian, berikanlah ASI kapan juga bayi membutuhkannya. Anda bisa memberikan ASI kurang lebih dua atau tiga jam sekali, karena bayi yang baru lahir umumnya minum ASI sekitar delapan sampai 12 kali dalam satu hari. Bayi yang baru lahir butuh dibangunkan untuk dikasihkan ASI jika pemberian ASI paling akhir telah lebih dari dua jam.

Pada prinsipnya, makin seringkali dikasihkan, produksi ASI akan makin bertambah. Hal seperti ini berlangsung karena hormon prolaktin akan bekerja merangsang produksi ASI, jika Anda selalu menyusui.

Kompres payudara

Bila payudara mengeras, maka bayi tidak akan bisa mengisapnya, kompreslah payudara dengan handuk hangat beberapa menit, maka payudara akan lunak kembali dan dapat mengeluarkan ASI lebih lancar.

Memompa ASI

Memompa adalah salah satu cara untuk memperbanyak ASI. Untuk ibu muda, mungkin masih belum mempunyai keterampilan menyusui yang belum memadai. Kesalahan posisi menyusui dapat menyebabkan proses menyusui tidak efektif sehingga ASI yang keluar tidak lancar.

Gunakanlah pompa setiap kali selesai menyusui. Jangan perdulikan seberapa banyak ASI yang keluar dan kita dapat, tujuan dari memompa adalah untuk memberikan rangsangan dan simulasi pada payudara.

Lain itu, memompa dapat mengosongkan ASI yang tidak di habiskan bayi sehingga payudara akan memproduksi ASI untuk menganti ASI yang sudah keluar tersebut.

Makanan Sehat Ibu Yang Menyusui

Nutrisi pada minuman dan makanan yang anda mengkonsumsi akan diberikan pada bayi lewat ASI. Oleh karenanya, selama saat menyusui dengan eksklusif, Anda membutuhkan penambahan konsumsi kalori sebesar 300-500 kalori /hari.

Anda tak perlu konsumsi makanan tertentu dengan tujuan untuk perbanyak ASI. Yang diperlukan sebetulnya merupakan melakukan alur makan sehat serta bergizi seimbang untuk mengawasi kualitas ASI. Makanan yang dikonsumsi mesti memiliki kandungan seperti berikut ini :

  • Serat : dapat diperoleh dari sayur, buah, dan sereal.
  • Protein : dapat diperoleh dari daging, telur, kacang – kacangan, dan nutrisi ikan.
  • Karbohidrat kompleks : dapat diperoleh dari kentang, pasta, nasi, dan roti gandum.

Untuk sayur serta buah, Anda dianjurkan konsumsi sekurang-kurangnya lima bagian dalam satu hari, menjadi pelengkap vitamin serta mineral didalam badan.

Di bawah ini merupakan beberapa panduan penambahan untuk perbanyak produksi ASI, yakni:

Cukupi keperluan cairan

Saat menyusui, ibu disarankan untuk memenuhi keperluan cairan. Karena, produksi ASI mungkin saja menyusut bila badan kekurangan air. Siapkan air putih di dekat Anda waktu melakukan aktivitas, supaya tetap ingat untuk minum. Minumlah sebelum Anda terasa haus. Bila urine Anda berwarna kuning tua, bermakna Anda perlu minum air putih semakin banyak. Anda dapat juga meningkatkan konsumsi cairan dari susu serta juice buah fresh.

Jauhi kebanyakan konsumsi minuman yang memiliki kandungan cafein, seperti teh serta kopi. Batasi asupannya, tidak lebih dari 3 cangkir /hari. Kandungan cafein pada ASI bisa mengakibatkan bayi sulit tidur.

Obat-obatan

Bila cara-cara diatas telah dikerjakan akan tetapi ASI masih tetap di rasa kurang cukuplah untuk penuhi keperluan Si Kecil, Anda dapat memperhitungkan untuk memakai obat-obatan perangsang ASI dari dokter. Selama saat menyusui, Anda butuh lebih waspada dalam konsumsi obat-obatan, termasuk juga pil KB. Sebelum konsumsi obat-obatan apa pun, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dulu.

Vitamin

Anda dianjurkan konsumsi vitamin D sekurang-kurangnya 2800 IU /hari. Jumlahnya ini tambah lebih tinggi dari referensi konsumsi vitamin D harian untuk orang dewasa yang tidak menyusui yakni 400 IU sehari-harinya. Vitamin serta zat terpenting lainnya yang dibutuhkan bisa didapat dari konsumsi makanan bergizi yang dikonsumsi dengan beragam.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan produksi ASI demi memenuhi kebutuhan bayi anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap langkah memperbanyak ASI untuk ibu muda.

1 Trackback / Pingback

  1. Moms, Inilah Langkah Agar Bayi Tidur Teratur - Seputarkesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*