Langkah Merawat Wajah Berminyak Dengan Baik

Langkah Merawat Wajah Berminyak Dengan Baik

Langkah Merawat Wajah Berminyak Dengan Baik – Kulit wajah yang berminyak sering kita rasa sangat menggangu, dikarenakan menimbulkan berbagai keluhan. Tidak hanya membuat kulit wajah terlihat mengilap, jerawat juga rentan timbul pada kulit berminyak. Salah satu cara untuk merawat kulit berminyak agar tampak bersih dan tidak tumbuh jerawat yaitu dengan mencuci wajah dengan benar.

Minyak pada wajah sebenarnya mempunyai manfaat dalam menjaga kelembapan serta elastistas kulit. Tapi bila produksi minyak berlebihan pada wajah, justru dapat menyumbat pori – pori wajah dan menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajah.

Faktor Penyebab Wajah Berminyak

Ukuran kelenjar minyak menjadi peran utama terhadap produksi minyak pada wajah. Meski penyebab utamanya masih dikatakan sulit ditentukan, namun terdapat beberapa faktor yang dicurigai mempengaruhi produksi minyak berlebihan, antara lain :

  • Faktor genetik
  • Penggunaan make up yang tidak cocok atau tidak tepat
  • Udara lembab serta panas.
  • Perubahan hormon
  • Mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Untuk mengetahui bahwa kulit anda termasuk kulit berminyak atau tidak dengan cara memperhatikan bagian T pada wajah. Bagian T yang dimaksud ialah pada bagian dahi, hidung dan juga dagu. Bila pada bagian tersebut kulit tampak mengkilap serta berminyak saat disentuh, maka bisa dipastikan bahwa kulit anda termasuk jenis kulit berminyak.

Langkah Terbaik Dalam Merawat Jenis Kulit Wajah Berminyak

Untuk anda yang mempunyai jenis kulit berminyak, jangan sampai anda salah melakukan perawatan agar kulit tetap bersih dan juga bebas dari jerawat serta bekas jerawat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam merawat kulit berminyak.

Menggunakan Pembersih Wajah Yang Tepat

Cucilah wajah anda setidaknya dua kali dalam sehari. Gunakanlah pembersih wajah yang khusus untuk wajah berminyak. Agar wajah bebas dari kotoran dan juga bakteri penyebab jerawat, anda juga bisa memilih pembersih wajah dengan kandungan antibakteri yang lembut serta bebas alkali, seperti montaline C40. Selain itu, pembersih wajah dengan kandungan panthenol atau vitamin B5 yang bisa menjadi pilihan untuk mengurangi produksi minyak berlebihan pada wajah. Sehingga membantu mengatasi masalah jerawat pada muka anda. Serta tidak hanya itu, dua bahan yang kami sebutkan tersebut juga dapat menghidrasi kulit dengan baik, menjaga elastisitas kulit serta membantu meregenerasi kulit, sehingga membuat kulit terlihat lebih halus.

Menggunakan Scrub Dengan Rutin

Untuk para pemilik wajah berminyak sangat disarankan untuk rutin membersihkan wajah menggunakan scrub setidaknya dua kali dalam seminggu. Scrub bisa digunakan untuk membersihkan wajah hingga dalam pori – pori, sekaligus mengangkat sel kulit mati pada wajah. Namun, anda harus mengosoknya dengan perlahan agar tidak iritasi pada wajah anda.

Menggunakan Krim Wajah

Setelah dibersihkan, gunakanlah krim wajah khusus untuk kulit berminyak. Untuk menjaga kelembapan kulit tanpa menambah produksi minyak, pilih krim wajah yang bersifat mattifying. Akan tetapi lebih baik lagi menggunakan krim wajah yang mengandung vitamin, aloe vera, dan asam hialuronat. Sehingga meski produksi minyak berkurang, kandungan tersebut tetap dapat memberi nutrisi dan menjaga kelembapan kulit wajah.

Selain dari perawatan yang sudah kami sebutkan, jangan lupa juga dengan menggunakan sun block atau cream tabir surya dengan minimal SPF 30, terutama pada saat anda berada diluar ruangan. Tujuannya yang tidak lain adalah menjaga kulit agar tetap terlindungi dari sinar matahari secara langsung.

Untuk anda yang memiliki wajah berminyak, anda tetap bisa tampil dengan kulit bersih serta menawan. Lakukan perawatan dengan produk pembersih wajah yang tepat serta rutin. Bila perlu berkonsultasilah kepada dokter spesialis perawatan kulit untuk mendapatkan rekomendasi perawatan kulit berminyak yang tepat serta aman untuk kulit anda. Terima kasih..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*