Manfaat Dan Waktu Yang Tepat Memberikan Minyak Ikan Pada Sikecil

Manfaat Dan Waktu Yang Tepat Memberikan Minyak Ikan Pada Sikecil

Seputar Kesehatan – Memberikan minyak ikan kepada anak kini menjadi popular diberbagai kalangan masyarakat. Tapi dalam pemberian supplement minyak ikan ini dipastikan terlebih dahulu apakah aman untuk anak, lalu berapakah takaran yang pas untuk anak untuk mendapatkan manfaat minyak ikan?

Tujuan dari pemberian minyak ikan kepada anak agar kebutuhan akan asam lemak omega-3 tercukupi, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak agar dapat berfungsi dengan optimal.

Kandungan Asam Lemak Omega-3

Walau masih memerlukan penelitian lebih lanjut, beberapa riset tunjukkan manfaat minyak ikan salmon ataupun ikan kod pada anak diawali semenjak dalam kandungan. Omega-3 akan mensupport potensi kognitif, termasuk juga pengaturan mata serta tangan, potensi fokus serta sosial. Diluar itu, omega-3 pada anak dapat juga menekan resiko asma pada anak.

Sebenarnya sumber omega-3 yang terbaik adalah dengan mengkonsumsi ikan. Meskipun beberapa sayuran hijau serta minyak zaitun juga memiliki kandungan omega-3, akan tetapi jumlahnya tidak sebesar yang terdapat pada ikan.

Walau demikian, tidak semua ikan yang mengandung omega-3 tergolong aman untuk anak serta ibu yang sedang mengandung, dikarenakan terdapatnya resiko racun merkuri akibat pencemaran laut yang dapat memberikan efek buruk kepada tubuh manusia. Dan sebaiknya tidak mengonsumsi ikan lebih dari 340 gr perminggunya.

Untuk memberi asupan omega-3 kepada anak, kita bisa memberi minyak ikan untuk anak yang memiliki kandungan omega-3. Diluar itu, ada bermacam jenis makanan yang diberikan penambahan omega-3 seperti susu, juice, telur, roti, minyak untuk memasak atau makanan cemilan lainnya.

Kebutuhan Dan Takaran Yang Tepat

Suplemen ini diketahui aman untuk beberapa anak. Walaupun itu, seharusnya konsultasi lebih dulu dengan dokter spesialis anak sebelum memberinya. Tanyalah juga pada dokter mengenai dosis suplemen minyak ikan pada anak yang pas serta tepat.

Pemberian minyak ikan pada anak seharusnya dijauhi pada beberapa kondisi spesifik pada anak, seperti anak yang alami alami perdarahan, mengkonsumsi obat pengencer darah atau yang lain.

Selain itu, kondisi yang lainnya pada anak yang tidak tepat untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan adalah anak dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan yang alergi pada ikan laut.

Langkah Memberikan Minyak Ikan Pada Anak

Semestinya, kita jangan memaksa anak dalam minum minyak ikan. Tunggulah hingga mereka siap. Karena, memaksa anak untuk meminumnya bisa membuat mereka tersedak hingga minyak ikan dapat masuk ke paru-paru.

Untuk anak bayi, kandungan omega-3 dapat diperoleh dari ASI, hingga ibu menyusui dapat konsumsi ikan, ataupun suplemen minyak ikan, supaya diperoleh bayi melalui ASI bunda. Pemberian suplemen dengan cara langsung pada anak bisa diawali semenjak anak melalui umur 1 tahun, serta yang pastinya dengan anjuran dari dokter.

Jika anda tidak menyukai suplement minyak ikan, anda dapat melakukan cara seperti berikut ini :

  1. Beri minyak ikan untuk anak berbentuk tablet kunyah, hingga memudahkannya untuk dikonsumsi.
  2. Jika ada, pilih minyak ikan yang memiliki kandungan rasa yang menarik, seperti mint, kayu manis, atau jahe, supaya rasa dari minyak ikan tersamar.
  3. Mencampurkan minyak ikan dengan madu.
  4. Beri minyak ikan dengan minuman yang mempunyai rasa asam.
  5. Tambahkan minyak ikan pada makanan kesukaan anak.
  6. Beri minyak ikan dengan teratur supaya anak-anak terlatih mengkonsumsinya.

Minyak ikan diketahui mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan tubuh si anak, namun tentu saja dengan anjuran dokter anak. Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal serta menentukan takaran yang tepat untuk sikecil.

Berakhir juga artikel kami yang mungkin akan membantu anda dalam mencari tahu manfaat minyak ikan ini. Terima kasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*