Memahami Berbagai Penyebab Iritasi Kulit Pada Bayi Hingga Cara Mengatasinya

Memahami Berbagai Penyebab Iritasi Kulit Pada Bayi Hingga Cara Mengatasinya

Kulit bayi masih sensitif sampai riskan alami iritasi. Walaupun iritasi kulit pada bayi tidak berefek, kondisi ini akan sangat mengganggu sikecil bahkan juga dapat juga membuat rewel. Biasanya, kulit yang teriritasi akan menimbulkan perasaan gatal sampai kemerahan. Supaya Anda kenali pengobatan dan perawatan yang cocok untuk si kecil yang iritasi, seharusnya memahami dulu beberapa penyebabnya.

Berbagai Penyebab Iritasi Kulit Pada Bayi

Iritasi kulit pada bayi umumnya dikarenakan oleh beberapa produk perawatan yang tidak pas dengan keadaan kulit si kecil. Produk perawatan kulit ini termasuk juga bedak, sabun, lotion, sampoo, atau minyak gosok. Tidak hanya itu, iritasi dapat juga dikarenakan oleh pemakaian popok yang tidak tepat. Deterjen serta pewangi yang dipakai untuk membersihkan baju dapat juga jadi penyebab iritasi kulit pada bayi. Ditambah bila cuaca lingkungan yang terlalu panas, makin besar persentase kulit bayi teriritasi.

Bagian Kulit Bayi Yang Sering Mengalami Iritasi

Memahami Berbagai Penyebab Iritasi Kulit Pada Bayi Hingga Cara Mengatasinya

Iritasi umumnya muncul di bagian kulit di mana saja, tetapi perihal ini tergantung dengan apakah sebagai pemicunya. Bila iritasi karena pemakaian popok sekali pakai, jadi sisi yang rawan terserang iritasi ialah ruang kemaluan, pantat, serta dapat melebar sampai ruang paha.

Sesaat, iritasi yang dikarenakan oleh cuaca panas akan mengakibatkan kulit sisi leher, dada, lengan atas, serta kepala jadi merah.

Lainnya lagi bila pemicunya ialah dermatitis atopic. Keadaan ini akan memunculkan iritasi kulit dibagian pipi, leher, lipat siku, serta lipatan ketiak.

Gejala Iritasi Kulit Pada Bayi

Memahami Berbagai Penyebab Iritasi Kulit Pada Bayi Hingga Cara Mengatasinya

Biasanya, bayi yang mempunyai iritasi kulit akan alami gejala seperti kulit berwarna kemerahan atau berbercak merah serta gatal-gatal.

Beberapa bayi yang lainnya mungkin akan mempunyai kulit yang jadi kering serta pecah-pecah. Nah, keadaan semacam ini akan membuat bayi selalu rewel serta menangis sebab merasa tidak nyaman.

Cara Mengatasi Iritasi Kulit Pada Bayi

Memahami Berbagai Penyebab Iritasi Kulit Pada Bayi Hingga Cara Mengatasinya

Anda tidak perlu cemas berlebihan, iritasi kulit pada bayi dapat sembuh dengan penyembuhan yang tepat tentunya. Untuk mengetahui manakah langkah yang sangat tepat, Anda mesti memahami dahulu apakah pemicu iritasi pada si kecil. Lalu jauhi pemicu atau penyebab yang memunculkan reaksi kulit kemerahan ini.

Jauhi memakai beberapa produk berbahan alami, contohnya mengoleskan kulit bayi dengan tumbukan daun spesifik sampai minyak-minyak yang tidak didapati kandungannya.

Masalahnya keadaan iritasi tiap-tiap bayi berlainan serta penyembuhan alami semacam itu belumlah pasti tepat untuk semua bayi. Alih-alih pulih dari iritasi, malah dapat jadi parah karena keadaan.

Bila iritasi si kecil yang tidak kunjung berkurang, selekasnya bawa serta ke dokter. Dokter akan menganalisis serta memberi perawatan yang tepat. Umumnya dokter akan memberi cream atau losion yang sesuai dengan keadaan iritasi yang berlangsung, sebab beda keadaan pasti akan berlainan ikut dalam penanganannya, termasuk juga dosis pemberian cream.

Terkadang, iritasi kulit pada bayi dapat juga mengakibatkan reaksi radang yang hebat serta pada akhirnya muncul sisa kecokelatan atau putih di kulit. Jika perihal ini berlangsung, umumnya dokter akan memberi pelembap kulit yang perlu dipakai teratur. Sisa iritasi kulit ini akan sirna dalam beberapa waktu.

Baca juga : Moms, Ini Cara Efektif Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Sesaat, jika masalah iritasi telah kronis serta tidak selekasnya diobati dengan baik, jadi jaringan sisi kulit itu akan rusak serta rawan terserang infeksi.

Tips Mencegah Iritasi Pada Kulit Bayi

Memahami Berbagai Penyebab Iritasi Kulit Pada Bayi Hingga Cara Mengatasinya

Terdapat berbagai cara tepat yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi kulit pada bayi. Berikut ini beberapa caranya.

Memakai beberapa produk perawatan bayi yang sesuai dengan, tak perlu terlalu berlebih, serta cocokkan dengan keperluan bayi. Lihat ikut bahan yang terdapat dalam produk itu, semestinya pakai produk yang tidak memiliki kandungan aroma.

Bila di keluarga Anda mempunyai kisah alergi atau dermatitis atopic, jadi kemungkinan besar si kecil akan gampang terserang iritasi kulit. Oleh karenanya, lihat penentuan bahan baju yang digunakan si kecil. Pilih baju yang memiliki bahan katun hingga gampang menyerap keringat.

Popok sekali gunakan semestinya tidak dipakai terus-terusan selama waktu, pakai cuma bila diperlukan saja serta ubah dengan berkala.

Jagalah keadaan sekitar lingkungan bayi agar tetap sejuk, tidak panas, atau gerah. Yakinkan juga kamar tidur atau ruang yang seringkali didatangi bayi masih bersih, jauh dari peluang terdapatnya tungau atau debu.

Untuk lebih jelas dalam menangani iritasi kulit pada bayi silahkan berkonsultasi kepada dokter spesialis untuk mendapatkan pengobatan lebih lengkap. Terima kasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*