Mengenal Lebih Kanker Payudara

Mengenal Lebih Kanker Payudara

kanker payudara merupakan penyakit yang lebih banyak menyerang pada wanita, mari membahas dan mengenal lebih kanker payudara berikut ini.

Defenisi kanker payudara

Kanker payudara ( Carcinoma mammae ) merupakan sebuah sel kanker yang terbentuk di jaringan payudara. Tumor ganas merupakan kumpulan sel kanker yang berkembang secara cepat ke jaringan sekitar atau menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. kanker payudara lebih cenderung terjadi kepada kaum wanita, namun dapat juga terjadi pada pria.

Kanker payudara bisa terbentuk dikelenjar yang menghasilkan susu ( lobulus ) atau disaluran yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara ( duktus ). Kanker juga bisa terbentuk pada jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara wanita.

Kanker payudara terbentuk disaat sel – sel didalam payudara tumbuh tidak normal serta tidak terkendali. Sel tersebut akan terbentuk tumor yang terasa seperti benjolan di sekitaran payudara.

Gejala Kanker Payudara

Gejala kanker payudara yang paling khas adalah munculnya benjolan pada sekitaran payudara. Benjolan ciri – ciri kanker payudara mempunyai tekstur yang keras dengan batas yang tidak jelas serta mempunyai permukaan yang tidak rata.

Benjolan juga harus menetap 8 hingga 10 hari usai menstruasi. Bila gejala kanker tersebut dekat dengan puting susu, akan terlihat bahwa puting akan sulit untuk digerakkan ( lengket ). Selain benjolan pada bagian payudara, gejala lainnya yang dapat dikenali adalah seperti berikut ini :

  • Perubahan bentuk pada payudara serta ukuran dari payudara tersebut.
  • Perubahan bentuk pada puting payudara.
  • Terasa sakit pada payudara yang tidak kunjung hilang, bahkan juga saat Anda telah masuk pada waktu haid bulan selanjutnya. Walau demikian, beberapa wanita ada juga yang tidak mengalami rasa sakit atau ngilu di payudaranya.
  • Puting keluarkan cairan bening, berwarna cokelat, atau kuning.
  • Puting tiba – tiba timbul merah – merah serta pembengkakan tanpa penyebab.
  • Bengkak di seputar ketiak yang karena disebabkan pembesaran kelenjar getah bening di daerah itu.
  • Pembuluh vena tampak pada payudara, mengakibatkan urat-urat dibagian payudara tampak dengan jelas.
  • Pada fase lanjut mulai terlihat terdapatnya kelainan pada kulit payudara (seperti kulit jeruk atau kulit jadi kemerahan), kadang kulit ikut jadi mencekung seperti lesung pipi sebab tertarik oleh tonjolan.

Bila gejala yang tertulis diatas timbul pada payudara anda, segaralah memeriksakan diri anda ke dokter. Hal tersebut dilakukan untuk anda dalam mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi anda. Dengan tanggap terhadap gejala kanker payudara, maka persentase untuk sembuh dari penyakit tersebut akan lebih besar.

Mungkin juga gejala lainnya yang tidak tertulis diatas. Bila anda ingin mengetahui gejala dari kanker payudara lebih detail maka sebaiknya anda bekonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Waktu Tepat Periksakan Diri Ke Dokter?

Sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter bila mendapati salah satu gejala yang sudah kita sebutkan di atas. Pemeriksaan payudara secara teratur sangatlah penting untuk dilakukan.

Pada umumnya, stadium pertama pada kanker payudara tidak menyebabkan rasa sakit. Bola anda merasakan gejala lain dari kanker tersebut, segeralah bergerak menuju dokter tanpa harus merasakan sakit yang mungkin akan terjadi. Konsultasi dengan dokter secepatnya untuk meningkatkan peluang hidup pasien kanker payudara.

Penyebab Kanker Payudara

Pemicu kanker payudara belumlah diketahui dengan pasti. Walau demikian, beberapa pakar yakini bila pemicu kanker payudara sebab sel – sel payudara berkembang dengan abnormal serta membuat satu tonjolan di payudara. Tonjolan ini bisa menyebar ke jaringan di sekelilingnya serta ke anggota badan yang lainnya.

Ada banyak keadaan yang bisa saja aspek pemicu kanker payudara. Beberapa dokter memprediksi seputar 5‐10 % pemicu kanker payudara terkait dengan mutasi gen 1 (BRCA1) serta gen 2 (BRCA2) yang di turunkan di keluarga. Jadi bila Anda mempunyai kisah kanker di payudara dalam keluarga, semestinya Anda mengecek darah Anda untuk menjumpai gen itu.

Tidak hanya mutasi gen, beberapa pakar ikut setuju jika kisah medis serta pola hidup seorang bisa saja aspek pemicu kanker payudara.

Pengobatan Kanker Payudara

Berikut ini 5 jenis terapi standar yang dapat dilakukan pada pasien kanker payudara diantaranya sebagai berikut :

  1. Pembedahan
    Bedah konservatif, yakni mengusung sel kanker bersama kelenjar getah bening yang ikut serta.
    Mastektomi keseluruhan, yakni mengusung semua payudara yang terserang kanker.

    Modified radical mastectomy ( mastektomi radikal yang diubah ), yakni mengusung semua payudara yang terserang kanker, kelenjar getah bening dibawah ketiak, selama otot pada dada, serta kadang beberapa otot dinding dada.

  2. Terapi radiasi
    Terapi radiasi ialah terapi kanker dengan memakai cahaya X bertenaga tinggi yang direncanakan untuk membunuh sel kanker atau menghalangi perkembangan sel kanker. Terapi ini biasanya dikerjakan dengan teratur buat wanita yang beresiko tinggi sesudah melakukan mekanisme mastektomi.
  3. Kemoterapi
    Kemoterapi, yakni terapi kanker memakai obat-obatan untuk menghalangi perkembangan sel kanker. Terapi ini bisa dikerjakan sebelum pembedahan untuk memperkecil tumor sebelum diangkat. Diluar itu, terapi ini dapat juga dikerjakan sesudah pembedahan untuk menahan perkembangan tumor kembali.
  4. Terapi hormon
    Terapi hormon ialah terapi kanker dengan menghalangi kerja hormon serta menahan perubahan sel kanker. Terapi ini efisien cuma pada kanker pada payudara yang peka pada hormon. Dokter Anda akan lakukan kontrol untuk memastikan type kanker di payudara Anda.
  5. Terapi target
    Terapi target ialah terapi yang memakai obat-obatan atau bahan kimia lainnya untuk mengidentifikasi serta menyerang sel kanker dengan spesifik tiada membunuh beberapa sel normal. Terapi ini diantaranya:
  • Anti-bodi monoklonal
  • Penghalang tirosin kinase
  • Cyclin-dependent kinase inhibitors ( penghalang cyclin-dependent kinase )

Terapi yang dipakai bisa berbentuk gabungan dari beberapa terapi. Tanyakan dengan dokter Anda untuk pilihan terapi yang tepat untuk Anda.

Informasi penting untuk anda bahwa artikel yang barusan anda baca merupakan artikel yang bertujuan sebagai informasi saja, bukanlah sebuah pengganti nasehat medis kanker payudara. Segeralah konsultasi pada dokter terpercaya dalam menangani kanker payudara. Terima kasih..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*