Moms, Inilah Langkah Agar Bayi Tidur Teratur

Moms, Inilah Langkah Agar Bayi Tidur Teratur

Apakah bayi anda sudah berusia lebih dari 4 bulan, tapi pola dari tidurnya masih belum teratur? Mungkin inilah saatnya para ibu menerapkan trik khusus untuk dapat mengatur pola tidur bayi tersebut.

Bayi yang berumur 3 hingga 4 bulan memang menghabiskan besar waktunya untuk tidur. Tapi setelah beberapa bulan kemudian, sang bayi akan mengenali siang dan malam serta kapan dia akan tidur. Yuk ibu, mengetahui cara agar bayi tidur lebih teratur dengan cara dibawah ini.

Beberapa Langkah Yang Dapat Dikerjakan

Moms dapat melakukan cara ini, agar tidak kekurangan tidur akibat pola tidur yang tidak teratur pada bayi. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan moms:

Susui Atau Beri Asupan Pada Malam Hari

Jika bayi susah untuk tidur, cobalah untuk menyusui bayi dengan ASI atau memberikan makanan, antara pukul 9 – 10 malam ataupun tengah malam. Tetaplah menjaga sinar lampu kamar tetap redup sehingga si bayi perlahan tertidur kembali.

Atur Kondisi Rileks Menjelang Tidur

Bunda dapat membuat kondisi kamar menjadi rileks menjelang bayi tidur, dengan mematikan tv atau meredupkan lampu sekitar satu jam sebelum tidur.

Mengendalikan Tangisan Bayi

Jika bayi menangis dan tidak mau tidur, bunda dapat melakukan cara yang sudah teruji dengan riset. Letakkanlah bayi dan tinggalkan setidaknya 2 menit. Secara bertahap, tambah waktu bunda menjadi 3 hingga 5 menit, maksimal 10 menit. Tapi jangan meninggalkan bayi terlalu lama juga ya moms, kecuali bayi sudah terlelap tidur.

Hindari Kontak Mata

Melihat wajah bayi, ataupun sebaliknya, ia menatap mata moms, justru akan membuat si bayi terstimulasi dan juga akan susah untuk tidur. Jadi cobalah untuk tidak menatap mata bayi saat sedang bersiap untuk tidur.

Mengenakan Pakaian Tidur Yang Nyaman

Pakaian yang terbuat dari serat sintetis kadang membuat kulit bayi sensitif. Lebih baik bila para baik di kenakan pakaian tidur yang berbahan katun ataupun serat alami lainnya. Agar bayi bisa lebih nyaman untuk tidur.

Menempatkan Benda kesayangan bayi

Untuk bayi yang sudah berusia 7 bulan keatas, bayi mulai menyadari dan cemas saat orang tua nya tidak berada disamping atau tidak bersamanya. Nah, ibu dapat membantunya tetap nyaman dengan menempatkan benda kesayangannya seperti boneka, guling, ataupun segala sesuatu yang sering menemaninya di tempat tidur. Namun, pastikanlah barang yang berada didekatnya aman dan tidak menggangu tidurnya si bayi.

Biarlah Bayi Tidur Tanpa Bantuan Apapun

bunda dapat mencoba membiarkan anak tidur dengan sendirinya, sejak usia bayi 1,5 bulan. Caranya dengan meletakkan bayi terbaring terlentang saat sudah mengantuk. Jika sudah terbiasa, lama – lama anak bisa tidur tanpa bantuan.

Membacakan cerita sebelum terlelap tidur

Kebiasaan mendengar suara moms, saat membacakan cerita untuk sibayi. Tentunya akan membuat bayi lebih tenang dan nyaman sehingga lebih cepat terlelap tidur.

Sedikit pesan untuk ibu muda, cara diatas tidak perlu dilakukan secara sekaligus. Cobalah metode yang kami tuliskan dalam artikel seputar kesehatan ini satu persatu. Hal ini dikarenakan setiap bayi mempunyai kondisi yang berbeda, jadi cobalah melakukan pendekatan yang lebih sesuai agar bayi bisa tidur dengan teratur.

Berakhir juga artikel kami, semoga langkah yang tertulis diatas dapat membantu anda dan juga sikecil untuk tidur lebih teratur, sehingga mendukung perkembangannya yang lebih optimal. Jika bayi dengan pola tidur yang tidak teratur sehingga membuat bayi kekurangan tidur maka sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter anak. Terima kasih..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*