Penasaran Dengan Kaki Kesemutan? Cek Disini Gan

Penasaran Dengan Kaki Kesemutan? Cek Disini Gan

Kaki kesemutan merupakan kondisi dimana biasanya dialami oleh mereka yang lama duduk berlutut terlalu lama. Namun dalam beberapa kasus, kondisi kesemutan tersebut bisa menjadi tanda seseorang terkena suatu kondisi medis yang serius.

Jika satu anggota badan terbebani, karena itu bisa berlangsung kendala supply darah ke saraf yang ke arah di bagian badan itu. Hal seperti ini beresiko mengakibatkan kesemutan. Perasaan kesemutan bisa berbentuk seperti tertusuk-tusuk, terbakar, geli, atau mati rasa. Kesemutan yang muncul oleh karena tekanan ini umumnya cuma berlangsung sesaat. Dengan menghilangkan tekanan, perasaan kesemutan bisa hilang.

Akan tetapi, pada beberapa masalah kesemutan bisa berlangsung dalam periode panjang. Berikut beberapa keadaan medis yang memicu.

Beberapa penyakit sistemik

Beberapa penyakit sistemik juga bisa mengakibatkan kaki kesemutan yang berbentuk akut. Masalah pada kesetimbangan hormon, seperti hipotiroid serta kanker (termasuk juga tumor jinak) yang bersarang pada saraf dapat jadi beberapa faktor pemicu. Diluar itu, beberapa penyakit sistemik yang dapat mengakibatkan kesemutan akut ialah masalah ginjal, penyakit hati, serta beberapa penyakit darah.

Sindrom saraf kejepit

Keadaan medis lainnya yang dapat mengakibatkan neuropati perifer atau kesemutan akut ialah sindrom saraf kejepit. Beberapa keadaan medis yang digolongkan sindrom ini, diantaranya sindrom terowongan karpal (Carpal Tunnel Syndrome (CTS), kelumpuhan saraf radialis, kelumpuhan saraf ulnaris, serta kelumpuhan saraf peroneus.

Kekurangan atau kelebihan vitamin

Badan memerlukan vitamin E, B1, B3 (niacin), B6, serta B12, untuk menolong menjaga manfaat serta kesehatan saraf. Bila badan alami defisiensi bermacam vitamin diatas, karena itu bukan mustahil dapat mengakibatkan beberapa tanda-tanda, diantaranya ialah kesemutan. Contohnya saat badan kekurangan vitamin B12, karena itu yang berlangsung ialah anemia pernisiosa. Penyakit itu ialah salah satunya pemicu neuropati perifer yang tidak dapat diacuhkan. Selain itu, keunggulan vitamin spesifik dapat juga mengakibatkan kesemutan di kaki atau tangan. Salah satunya yang seringkali menyebabkan hal itu ialah kelebihan vitamin B6.

Kecanduan minuman beralkohol

Kandungan alkohol didalam badan dapat mengakibatkan kaki kesemutan karena dua argumen. Yang pertama ialah rusaknya saraf yang dapat diakibatkan karena kecanduan minuman keras atau beralkohol. Keadaan ini dimaksud neuropati alkoholik. Argumen ke-2 ialah peluang seseorang pecandu minuman mengandung alkohol alami defisiensi thiamin serta vitamin terpenting yang lain didalam badan, hingga berlangsung neuropati perifer yang salah satunya gejalanya kesemutan akut.

Keracunan

Kandungan toksin/racun berlebihan pada tubuh dapat juga kesemutan akut. Beberapa jenis logam berat, seperti timbal, merkuri, talium, arsen, serta beberapa bahan kimia industri dan lingkungan lainnya dapat juga menyebabkan perihal itu. Pemberian beberapa jenis antivirus serta antibiotik dapat mengakibatkan kesemutan akut. Beberapa obat-obatan juga bertanggungjawab pada terjadinya keadaan ini, terpenting obat-obatan kemoterapi untuk kanker paru-paru.

Di bagian tubuh yang sering merasakan kesemutan juga bisa disebabkan oleh kondisi medis yang parah, maka dari itu jangan menganggap remeh gejala atau tanda – tanda ini. Bila anda mengalami kondisi dimana terlalu sering mengalami kesemutan maka sebaiknya anda langsung mencari dan memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan akibatnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*