Penyakit Lupus Benar Bisa Sembuh Total ?

Penyakit Lupus Benar Bisa Sembuh Total ?

Penyakit Lupus Benar Bisa Sembuh Total ? – Dengan banyaknya penelitian seputar penyakit lupus dan kecanggihan penggobatan medis yang sudah modern, rasanya wajar untuk bertanya – Tanya apakah ada obat mujarab yang membuat lupus bisa sembuh dengan total. Karenanya penyakit lupus ini bersifat episodic atau berulang, yang membuat gejala lupus kadang hilang dan dapat muncul kembali bila terpicu akibat suatu hal. Tidak secara langsung, lupus dapat menghambat kualitas hidup orang yang sedang sakit lupus.

Apakah benar seorang yang sedang sakit lupus bisa sembuh total ?

Penyebab Sakit Lupus

Lupus ialah keadaan penyakit autoimun akut, dimana sistem kekebalan badan menyerang jaringan serta organ tubuh sehat. Perihal ini mengakibatkan tingkat peradangan yang terus-terusan.

Otomatis penyakit ini dapat merubah hampir setiap organ tubuh seperti jantung, sendi, otak, ginjal, paru-paru serta kelenjar endokrin. Gejala lupus sangat serupa dengan beberapa kondisi kesehatan yang lain seperti kelainan tiroid, penyakit Lyme serta fibromyalgia. Oleh karenanya, lupus akan sulit untuk didiagnosis.

Apakah Penyakit Lupus Benar Bisa Sembuh Total?

Seperti yang telah diterangkan diatas, lupus ialah jenis penyakit autoimun akut. Berarti keadaan ini akan Anda punya seumur hidup. Berita baiknya, penyakit lupus dapat diurus dengan baik untuk tingkatkan kualitas hidup Anda. Ada beberapa perawatan, termasuk juga beberapa hal simpel yang bisa Anda kerjakan sehari-hari, yang dapat membuat ketidaksamaan besar.

Yang butuh diingat, penyakit lupus menyerang lewat cara yang berlainan untuk tiap-tiap orang. Jadi, perawatan serta penyembuhan yang diresepkan akan berlainan sesuai dengan keperluan semasing. Untuk masalah lupus yang ringan, obat-obatan bisa meliputi penghilang perasaan sakit serta obat anti-inflamasi.

Untuk penyakit lupus yang lebih kronis, misalnya sudah menyerang organ badan sisi dalam, dokter akan memberi resep obat yang lebih kuat untuk mengendalikan skema kebal badan sekalian membuat perlindungan organ badan seperti ginjal, jantung, serta paru-paru dari serangan selanjutnya.

Bila Anda menderita penyakit lupus, Anda umumnya akan diatasi oleh ahli rheumatology, yakni dokter spesialis penyakit dalam yang mengutamakan diri pada penyakit sendi serta otot. Tetapi, bila penyakit lupus sudah mengakibatkan rusaknya pada organ spesifik, mungkin dokter akan mengacu Anda ke dokter spesialis lainnya.

Obat – Obat Yang Biasanya Diresepkan Untuk Menangani Gejala Penyakit Lupus

Tidak ada obat manjur yang bisa langsung mengobati lupus untuk selamanya. Tetapi Anda bisa melakukan perbaikan keadaan Anda dengan diagnosis awal serta minum obat-obatan spesifik yang diresepkan oleh dokter Anda untuk mencegah rusaknya organ yang terserang oleh lupus.

Terdapat beberapa kategori obat yang dipakai dokter untuk menyembuhkan lupus. Akan tetapi, Food and Drugs Administration di Amerika, cuma menyepakati beberapa obat spesifik untuk lupus, diantaranya seperti di bawah ini:

  • Obat antimalaria, seperti hydroxychloroquine serta klorokuin.
  • Obat kortikosteroid, termasuk juga prednison, prednisolon, metilprednisolon, serta hidrokortison.
  • Obat anti-bodi monoklonal belimumab.
  • Obat Aspirin.
  • Obat antiinflamasi non steroid (NSAID), obat modulasi imun (imunosupresif), serta antikoagulan.
  • Obat Acthar (repository corticotropin injection), yang memiliki kandungan hormon ocurring alami yang dimaksud ACTH (adrenocorticotropic hormone).

Akan tetapi umumnya, diperlukan beberapa bulan sampai sekian tahun untuk temukan gabungan obat yang pas untuk mengatur tanda-tanda lupus Anda. Oleh karenanya, mengurus lupus ialah prinsip seumur hidup.

Di samping memberi resep obat, dokter akan meningkatkan gagasan perawatan berdasar pada umur, tanda-tanda, kisah kesehatan, serta pola hidup Anda. Arah dari tiap-tiap gagasan perawatan ialah untuk:

  • Kurangi peradangan pada tubuh yang dikarenakan oleh lupus.
  • Mendesak skema kebal badan Anda yang sangat aktif.
  • Mengatur tanda-tanda seperti ngilu sendi serta kecapekan.
  • Meminimalisasi rusaknya pada organ badan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*