Penyakit Wasir (Ambeien)

Pengertian Wasir ( ambeien )

Wasir merupakan suatu keadaan dimana pembuluh darah vena di sekitaran anus meradang dan membengkak. Keadaan tersebut seringkali dikatakan sebagai hemorrhoid atau lebih dikenal sebagai wasir ataupun ambeien.

Wasir bisa tampil di dalam rektum ( aliran yang menghubungkan usus besar dengan anus ) atau di seputar anus ( dubur ). Umumnya wasir karena disebabkan seringkali serta kelamaan dalam mengejan waktu BAB ( buang air besar ). Penyakit ini masih tetap dibagi jadi dua jenis, seperti:

  1. Internal hemorrhoid
    Wasir ini tampil di dalam aliran rektum Anda. Umumnya internal hemorrhoid tidak ngilu tetapi mengakibatkan BAB berdarah.
  2. Eksternal hemorrhoid
    Wasir ini terdapat di luar anus serta mungkin berasa gatal atau ngilu, kadang dapat robek serta berdarah.

Penyakit ini bukanlah sebuah penyakit menular dan tidak berbahaya. Wasir bisa diobati dengan obat wasir yang sudah diperjualbelikan di apotek maupun online, serta yang terpenting wasir dapat sembuh dengan sendirinya.

Seberapa Umum Penyakit Wasir ?

Wasir ialah sebuah keadaan yang begitu seringkali berlangsung. Berdasar pada riset pada umur 50 tahun, hampir 1/2 populasi sempat alami wasir. Ambeien atau wasir ialah keadaan yang dapat menyerang siapapun.

Wasir bisa berlangsung pada lelaki serta wanita, tetapi seringkali berlangsung pada ibu hamil serta pasien sembelit ( sulit BAB ) atau diare akut.

Pertanda Dan Gejala Wasir

Ambeien atau wasir ialah keadaan yang mempunyai gejala-gejala tersebut, yaitu:

  • BAB berdarah berwarna merah jelas serta tidak ngilu
  • Gatal serta iritasi pada ruang rektum
  • Ngilu serta perasaan tidak nyaman
  • Abuh di seputar anus
  • Tonjolan yang peka atau ngilu di dekat anus

Keadaan ambeien yang yang seringkali mengakibatkan perasaan tidak nyaman serta ngilu yakni eksternal hemorrhoid. Internal hemorrhoid umumnya tidak mengakibatkan perasaan ngilu.

Peluang ada pertanda serta gejala yang tidak diulas diatas. Dan bila Anda mempunyai kecemasan akan satu gejala spesifik, segeralah konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Penyebab Penyakit Ambeien

Pemicu wasir yakni pembengkakan pembuluh darah vena. Pembengkakan dapat berlangsung karena meningkatnya desakan di rektum sisi bawah. Aspek yang tingkatkan desakan itu yakni:

  1. Terlalu mengejan sewaktu BAB.
  2. Duduk kelamaan.
  3. Diare atau sembelit akut.
  4. Berat tubuh berlebihan atau obesitas.
  5. Hamil.
  6. Kurang konsumsi makanan berserat.

Penyakit Wasir (Ambeien)

 

Faktor Resiko Wasir

Wasir dikarenakan oleh bengkaknya pembuluh darah vena karena penambahan desakan di rektum sisi bawah. Beberapa faktor yang dapat jadi pemicu wasir diantaranya:

  • Sering Kali Mengusung benda berat
    Berkali-kali mengusung benda yang berat bisa saja menjadi pemicu wasir sebab terdapatnya penimbunan desakan dibagian rektum yang akan merubah saluran darah serta membuat pembuluh darah jadi bengkak.
  • Duduk terlalu lama
    Sebuah kebiasaan duduk yang terlalu lama menjadi penyebab wasir atau ambeien. Hal tersebut dikarenakan pembuluh darah yang terdapat disekitaran anus banyak terisi darah, aliran darah tersebut akhirnya menekan dinding pembuluh darah hingga semakin membesar.
  • Masa kehamilan
    Bersamaan umur kehamilan yang makin jadi membesar, rahim akan turut berkembang ikuti perubahan janin. Desakan rahim ini lalu akan mendesak pembuluh darah yang berada di usus besar sampai menyebabkan timbulnya tonjolan di daerah anus.
  • Usia
    Keadaan badan yang makin menua dengan alami mengakibatkan jaringan pembuluh darah di seputar rektum serta anus makin melemah serta meregang, hingga rawan membengkak. Berikut yang pada akhirnya jadi pemicu wasir.
  • Sembelit akut
    Feses yang mengeras sebab sembelit membuat Anda harus mengeluarkan tenaga makin banyak untuk mengejan. Tekanan penambahan itu selanjutnya bisa mengakibatkan pembengkakan pembuluh darah di anus, jadi penyebab wasir paling sering.

Pengobatan Wasir Dengan Bahan Alami

Terdapat beberapa bahan alami dalam mengatasi wasir, namun sayangnya masih belum terbukti secara klinis apakah obat tersebut manjur untuk penyakit wasir.

Lidah Buaya ( aloe vera )

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki kandungan zat karakter antiradang. Dengan perasaan gel yang sejuk, lidah buaya dapat juga jadi obat wasir alami yang menentramkan serta melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus juga kurangi ukuran ambeien di anus.

Kandungan arakuinon pada lidah buaya dapat mengencangkan dinding aliran pencernaan serta menggerakkan isi usus keluar lebih lunak. Perihal ini membuat lebih feses pada usus semakin lebih gampang berjalan, mencegah penyumbatan yang akan jadi pemicu ambeien.

Cuka apel

Cuka apel ialah salah satu obat wasir alami yang dapat Anda gunakan. Langkahnya cukup gampang, cukup hanya merendam kapas pada sari cuka apel, lantas berikan perlahan-lahan ke daerah wasir. Ulangilah proses ini sampai peradangan menghilang serta perasaan sakit berkurang. Anda dapat juga mencampurkan air dengan cuka apel sewaktu mencuci bagian anus saat Anda mandi.

Bawang Putih

Bawang putih juga bisa menjadi obat wasir alami. Bawang putih dikenal sebagai salah satu bahan masak yang mempunyai kandungan yang banyak seperti asam amino, mineral, serta enzim seperti allinase, myrosinase, dan juga peroksidase. Bawang putih juga mempunyai antiradang dan juga antibakteri.

baca juga : Apa itu Obat Paracetamol?

Pada asam amino yang dimaksud alliin, saat bawang putih dihancurkan, alliin dirubah jadi allicin oleh enzim, allinase. Allicin bertanggungjawab menjadi zat antibakteri yang ampuh untuk menghilangkan sesuatu yang berbau tidak enak. Manfaat bawang putih untuk ambeien dapat juga tingkatkan sirkulasi darah, merusak beberapa bakteri usus, serta membuat perlindungan pembuluh darah.

Untuk menyembuhkan ambeien, bawang putih dapat dioles-oleskan langsung ke daerah yang terserang, atau dapat juga dikonsumsi dengan mentah menjadi obat wasir alami.

Bila terdapat pertanyaan seputar kesehatan dan juga seputar ambeien ( wasir ) maka anda bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan yang terbaik dalam kondisi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*