Rasa Yang Pahit, Namun Mempunyai Banyak Manfaat Inilah Pare

Rasa Yang Pahit Namun Mempunyai Banyak Manfaat Inilah Pare

Semua orang pastinya sudah mengetahui kepahitan dari buah pare ini. Pare yang merupakan bagian kekayaan kuliner indonesia. Buah bercita rasa pahit ini dikatakan juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat pare bahkan diduga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, virus berbahaya dan bakteri jahat yang mengancam kesehatan.

Selain mengendalikan kadar gula darah, terdapat juga manfaat kesehatan lainnya dari pare ini. sebenarnya, sebagian besar manfaat seputar kesehatan tubuh dari pare ini belum banyak diketahui. Pare sendiri juga kaya akan berbagai senyawa kompleks, aneka vitamin, seperti vitamin A, B, folat, C.

Mineral lain yang terkandung dalam buah yang bernama peria di wikipedia adalah kalium, kalsium, seng, magnesium, fosfor, dan zat besi. buah pare juga merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh. pare juga mengandung karbohidrat, serta rendah kalori sehingga tidak mengandung lemak.

Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini merupakan beberapa manfaat pare ( Momordica charantia ) :

  • Antibakteri serta antivirus HIV

    Beberapa penyakit yang dikarenakan oleh bakteri serta virus mungkin dapat diatasi dengan konsumsi pare. Ekstrak pare mempunyai potensi antibakteri, terpenting infeksi yang dikarenakan oleh bakteri seperti E.coli, Salmonella, Staphylococcus, Pseudomonas, serta Streptobaccilus. Ekstrak pare juga tampak bisa mematikan virus diantaranya virus HIV. Namun, faedah pare sampai sekarang ini belumlah bisa dipakai menjadi antibiotik atau antivirus dengan klinis, mengingat masih tetap kurangnya riset yang mensupport data itu.

  • Mengurangi gula darah

    Pare mengandung charantin, vicine, dan polipeptida-p yang merupakan salah satu zat aktif antidiabetes yang sangat berguna untuk para penderita diabetes. Salah satu fungsi charantin adalah menurunkan kadar gula didalam tubuh penderita. Sementara itu, polipeptida-p yang diketahui senyawa yang menyerupai insulin. ketiga zat tersebut mempunyai efek untuk membantu menurunkan kadar gula darah.Meski tampak menjanjikan, beberapa penelitian klinis yang telah dilakukan ternyata menunjukkan bahwa manfaat pare dalam mengendalikan kadar gula darah masih inkonsisten dan tidak signifikan. Masih diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui dengan pasti bagaimana pare bisa membantu penderita diabetes. Dan satu hal yang pasti, manfaat pare belum bisa menggantikan atau menyamai efektivitas obat antidiabetes, seperti insulin dan obat antidiabetes oral.

  • Melawan sel kanker

    Salah satunya pendapat faedah pare yang lain berkaitan dengan kekuatannya dalam menantang beberapa sel kanker. Riset mengutarakan jika pare mempunyai karakter antikanker serta punya potensi dipakai menjadi agen penghilang beberapa type kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, hati, serta kanker darah.Akan tetapi riset itu baru hanya riset di laboratorium. Dampak antikanker dalam faedah pare ini sedikit di teliti dengan klinis hingga khasiatnya menjadi pelawan kanker pada tubuh namun masih tetap butuh dikaji selanjutnya.

Terpenting untuk Anda ketahui, faedah pare untuk melawan sel kanker serta HIV belumlah di teliti pada manusia. Demikian juga untuk faedah pare menjadi penyembuhan infeksi, penelitian masih tetap hanya terbatas pada studi yang dikerjakan pada hewan.

Ini berarti, masih tetap diperlukan riset kelanjutan untuk menunjukkan dampak yang sama pada manusia. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk menambahkan pare ke menu makanan setiap harinya dikarenakan kandungan gizinya yang bermacam. Namun sebaiknya hindari pare bila anda adalah seorang bumil ( ibu hamil ) dikarenakan pare mengandung efek samping yang dapat berakibat buruk untuk janin.

Penting untuk diketahui juga, bahwa artikel ini merupakan artikel yang berdasar pendidikan, bukan sebagai pengganti nasihat dokter. Segera berkonsultasi kepada dokter anda bila ingin bertanya lebih seputar kesehatan anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*