Sakit Tenggorokan? Berikut Obat Dengan Bahan Alaminya

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh berbagai hal, termasuk infeksi virus serta bakteri, alergi, iritasi serta polusi, seperti asap rokok dan lainnya. Pengobatannya terbilang bervariasi, termasuk dengan aneka obat alami diperuntukan mengobati sakit tenggorokan yang mudah ditemukan dan bisa diracik sendiri di rumah.

Sakit tenggorokan sering disebabkan oleh infeksi virus, maka dari itu pemakaian antibiotik untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus tentu saja menjadi hal yang percuma.

Antibiotik biasanya digunakan untuk membunuh bakteri, bukan untuk virus. Serta menggunakan antibiotik berlebihan dapat mengakibatkan kuman menjadi lebih kebal. Perihal ini akan berujung pada resistensi antibiotik yang susah diatasi, bahkan juga memunculkan infeksi berat yang mematikan.

Banyak jenis pengobatan alami untuk sakit tenggorokan yang dapat diracik sendiri. Umumnya dari pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit tenggorokan itu mungkin telah dikenali. Berikut ini beberapa obat alami sakit tenggorokan yang dapat Anda coba di dalam rumah :

Madu

Madu yang telah lama dipercaya untuk meredakan sakit tenggorokan, madu biasanya dicampur dengan teh maupun diminum langsung. Sebuah studi yang dilakukan oleh anak – anak yang terkena ISPA ( infeksi saluran pernafasan bagian atas ), mengkonfimasi bahwa dengan mengkonsumsi madu dapat meredakan batuk. Selain itu, studi lain juga mendukung bahwa madu merupakan penyembuh luka yng efektif. Dengan khasiatnya, madu dipercaya bisa mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

Sup Ayam Hangat

Jangan sampai memandang makanan enak tidak dapat jadikan obat. Sup ayam hangat dapat jadikan menjadi obat alami sakit tenggorokan, sebab makanan hangat yang satu ini bisa menolong kurangi iritasi serta tenggorokan kering.

Menikmati sup sewaktu sakit termasuk mudah serta nikmat, mengingat makanan ini mudah ditelan walau tenggorokan sakit rasanya. Dengan konsumsi makanan cair, seperti sup, nutrisi yang diperlukan badan untuk melawan infeksi bisa masih tercukupi, juga sekaligus memperoleh cairan penambahan untuk mencegah dehidrasi.

Air Larutan Garam

Salah satu obat alami sakit tenggorokan yang begitu gampang dibuat ialah air garam. Anda hanya cukup mencampurkan satu sendok teh garam ke satu gelas air hangat, serta aduk sampai tercampur dengan rata. Berkumurlah dengan tempat kepala menengadah lantas muntahkan.

Satu studi temukan jika berkumur dengan air garam dapat menahan infeksi aliran pernafasan sisi atas serta demam. Berkumur dengan air garam dapat juga menolong bersihkan tenggorokan dari dahak. Akan tetapi ingat, janganlah menggunakan kebanyakan garam serta janganlah ditelan.

Bawang Putih

Salah satu bahan alami yang dapat dipakai untuk membantu menurunkan sakit tenggorokan ialah bawang putih. kemampuan ini dipunyai sebab memiliki kandungan karakter antibakteri. Akan tetapi, langkah terunggul untuk memperoleh faedah bawang putih menjadi obat alami sakit tenggorokan yaitu dengan mengunyahnya.

Waktu hancur, bawang putih akan melepas senyawa yang mempunyai karakter antibakteri, anti jamur, sekaligus juga antivirus. Senyawa itu ialah allicin. Tidak hanya dapat dikunyah sekitar satu siung, langkah lainnya yang dapat dipakai yaitu dengan menyedotnya saat 15 menit.

Bila tidak mampu untuk mengkonsumsinya dengan mentah, coba untuk dicampurkan dengan bahan lainnya, seperti madu, minyak zaitun, atau dibikin juice. Akan tetapi, allicin semakin lebih efisien bila dikunyah dengan mentah.

Teh Hangat

Dengan meminum teh hangat juga dapat menjadi salah satu obat alami sakit tenggorokan. Teh hangat jenis apapun, entahlah herbal atau nonherbal, bisa membantu menurunkan sakit tenggorokan. Salah satunya faktanya ialah teh memiliki kandungan anti-oksidan yang diperkirakan dapat menguatkan kekebalan badan serta dapat menolong mencegah infeksi. Supaya maksimal, imbuhkan satu sendok teh madu ke secangkir teh, supaya sakit tenggorokan bertambah cepat pulih.

Mengkonsumsi Permen Pelega Tenggorokan

Mengkonsumsi permen pelega tenggorokan yang terjual dengan bebas di apotek maupun di market. Dikarenakan permen pelega tenggorokan mengandung amylmetacresol dan 2,4-dichlorobenzyl alkohol yang sangat baik dalam membunuh bakteri penyebab rasa sakit pada tenggorokan. Dalam permen ini, terdapat juga berbagai rasa yang pastinya tidak akan membuat anda bosan dengan rasa yang itu – itu saja.

Demikian juga artikel kami, semoga dapat membantu anda, bila tenggorokan tidak kunjung sembuh. Maka sebaiknya anda segera menkonsultasi kepada dokter anda..

1 Trackback / Pingback

  1. Radang Tenggorokan: Defenisi hingga Obat Radang Tenggorokan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*