Tenang Ibu, Insomnia Pada Anak Dapat Diatasi Dengan Langkah Ini

Tenang Ibu, Insomnia Pada Anak Dapat Diatasi Dengan Langkah Ini

Sebuah gangguan tidur atau sering kita insomnia tidak hanya di derita oleh orang dewasa saja loh. Anak – anak juga bisa mengalaminya. Jika sudah berlarut – larut, tentu saja hal tersebut dapat mengganggu aktivitas anak hingga kembangnya.

Imsomnia meruapakan gangguan tidur yang membuat penderitanya susah tidur sehingga tetap terjaga di malam hari, sehingga kekuarangan waktu tidur yang cukup. Apalagi umumnya waktu tidur yang dibutuhkan anak lebih panjang dibandingkan orang dewasa, yaitu 11-13 jam untuk anak usia 2 hingga 7 tahun, dan 10-11 jam untuk anak yang berumur 7 hingga 11 tahun.

Penyebab Anak Mengalami Insomnia

Menurut penelitian, orang tua mempunyai andil yang besar dalam menyebabkan anak insomnia. Hal tersebut karena orang tua yang mengatur pola tidur anak sejak awal. Maka dari itu, penting bagi orang tua memperhatikan jadwal tidur anak sedini mungkin. jangan sampai anak kebiasaan tidur di larut malam.

Selain dari jadwal tidur yang diciptakan orang tua, ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan insomnia pada anak :

  • Obat Yang Dikonsumsi Oleh Anak
    Insomnia juga bisa disebabkan oleh kandungan obat yang dikonsumsi anak. Obat yang bisa menyebabkan anak mengalami insomnia, antara lain adalah obat untuk mengatasi ADHD dan obat antidepresan.
  • Stres
    Sama seperti halnya orang dewasa, anak yang mengalami stres juga bisa menyebabkan insomnia. Stres pada anak biasanya disebabkan oleh masalah sekolah, pertemanan, dan keluarga. Untuk itu, penting bagi peran orang tua untuk perhatikan kondisi psikologis anak.
  • Kafein Yang Berlebihan
    Kafein tidak hanya memberikan efek untuk orang dewasa tapi juga anak-anak. Kafein yang dikonsumsi secara berlebihan pada anak bisa menyebabkan anak insomnia. Kafein tidak hanya terkandung dalam kopi, tapi juga dalam minuman atau makanan seperti coklat dan teh. Jadi, mulai sekarang mulai perhatikan jumlah kafein yang dikonsumsi anak ya bu..
  • Trauma
    Anak-anak lebih rentan trauma. Trauma pada anak bisa disebabkan oleh hal-hal kecil, seperti film yang dia tonton ataupun hal lainnya yang dapat membuatnya takut kegelapan.

Hal Yang Mudah Dilakukan Untuk Anak Cepat Tidur

Menetapkan jam tidur yang disiplin untuk anak, menetapkan jam tidur setiap malamnya, termasuk di akhir pekan. Hal ini guna membantu tubuh dan pikiran anak untuk terbiasa tidur pada waktu yang telah ditentukan. Anak akan lebih mudah terlelap tidur bila sudah terbiasa dengan jam tidur yang sudah ditetapkan setiap malamnya. Serta anak akan lebih mudah bangun di jam yang sama setiap paginya.

Sebaiknya juga anak sudah bersiap untuk tidur dalam waktu 30 hingga 60 menit sebelum waktu yang telah di terapkan untuk tidur. Ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman, sejuk, gelap dan bebas dari berbagai gangguan serta kekacauan semisal suara tv atau gadget lainnya. Pastikan juga anak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup disiang hari sehingga mereka tidak memiliki energi yang berlebihan pada malam hari.

Apabila si kecil belum bisa tidur hingga 10-20 menit, maka ibu bisa menanyakan kepada anak alasan dia tidak bisa tidur, dan apakah ada yang membuatnya takut sehingga sulit untuk tidur, sehingga bisa mencari solusi yang tepat untuk membuat si kecil lebih tenang.

Janganlah membiarkan si anak insomnia selama lebih kurang 3 minggu, sebaiknya segaralah menemui dokter untuk memastikan penyebab dan memeriksakan kondisi kesehatan si anak.

Nah itulah hal yang bisa anda lakukan bila si kecil sulit untuk tidur. Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca artikel kami, semoga dapat membantu anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*