Tidak Hanya Pada Buah, Inilah Manfaat Daun Jambu Biji

Tidak Hanya Pada Buah, Inilah Manfaat Daun Jambu Biji

Jambu biji merupakan salah satu buah yang tidak asing lagi oleh orang indonesia. Dikarenakan jambu biji yang mempunyai rasa manis dan juga memiliki kandungan nutrisi didalamnya. Namun manfaat jambu tidak hanya terdapat dalam buah saja tapi daun jambu biji juga memiliki banyak manfaat.

Buah jambu biji adalah buah yang diketahui kaya akan vitamin C, serat, serta anti-oksidan. Buah ini pula mempunyai manfaat dalam memudahkan diare, batuk, diabetes, kolik, katarak, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan penyakit kanker. Akan tetapi, hanya sedikit orang yang mengetahui manfaat daun jambu biji, yang penting juga buat kesehatan badan.

Mengenal Manfaat Daun Jambu Biji

Di balik rasanya yang pahit Daun jambu biji diduga mempunyai manfaat kesehatan yang sangat mirip dengan buahnya. Berikut berbagai manfaat dari daun jambu biji:

  • Memudahkan kram perut waktu haid

    Ngilu haid umumnya dirasa pada perut sisi bawah. Untuk beberapa wanita, ngilu haid dapat mengganggu kegiatan keseharian. Kram perut yang berlangsung sebelum atau waktu haid (dysmenorrhea) disangka bisa ditangani dengan ekstrak daun jambu biji yang memiliki kandungan 6 miligram flavonoid/hari.

  • Menangkal Diabetes

    Beberapa jenis penyakit berefek kenyataannya juga dapat dijauhi dengan mengkonsumsi daun jambu biji. Pakar kesehatan menjelaskan jika ekstrak daun jambu biji bisa mencegah munculnya penyakit diabetes. Hal ini berjalan karena daun jambu biji kenyataannya kaya serat sampai penyerapan gula dalam darah akan cenderung bisa bertambah lambat dan tidak akan menimbulkan diabetes.

  • Zat anti kanker serta tumor

    Manfaat daun jambu biji buat kesehatan yang setelah itu menjadi zat anti kanker serta anti tumor. Daun jambu biji nyatanya mempunyai zat anti kanker serta anti tumor seperti likopen atau quercetin yang lengkapi vitamin C untuk mencegah beberapa anti-oksidan serta radikal bebas. Beberapa macam penyakit kanker seperti kanker lambung, kanker prostat, kanker payudara, atau kanker mulut dapat dihindari dengan teratur konsumsi ekstrak daun jambu biji.

  • Turunkan Berat Badan

    Anda tengah melakukan program diet untuk turunkan berat badan? Bila benar, Anda dapat manfaatkan mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji untuk membantu dalam mnurunkan berat badan Anda. Manfaat daun jambu biji buat kesehatan yang berkaitan dengan penurunan berat badan terkait dengan khasiatnya untuk menahan dipecahnya pati kompleks jadi gula. Mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji dengan teratur bila Anda tengah lakukan program penurunan berat badan.

  • Mengandung antioksidan tinggi

    Tidak hanya buahnya yang mengandung antioksidan, tapi daun jambu biji tersebut juga mempunyai antioksidan yang dapat mencegah bahaya dari proses oksidasi yang berarti pelepasan molekul radikal bebas.

Beberapa riset menunjukkan jika manfaat daun jambu biji yang di jadikan teh, bisa turunkan kandungan gula darah yang tinggi, terutamanya pada pasien prediabetes serta diabetes. Akan tetapi perihal ini masih tetap memerlukan riset selanjutnya tentang efektivitas serta keamanannya.

Daun jambu biji yang mudah ditemukan dan terdapat pada sekitaran kita. Namun bila anda ingin menjadikan jambu biji tersebut untuk mendapatkan beragam manfaat yang sudah kami tuliskan diatas. Maka sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi daun biji jambu maupun produk herbal yang terbuat dari daun jambu biji tersebut. Terima kasih salam seputar kesehatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*