Tulang Belakang Bagian Bawah Sakit? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Tulang Belakang Bagian Bawah Sakit? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Sakit pada bagian tulang belakang bagian bawah memang akan sangat menggangu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab serta cara mengatasi sakit tulang belakang yang dialami.

Rasa ngilu pada tulang belakang bawah seringkali dihubungkan dengan ngilu punggung bawah. Sakit ini umumnya terkait dengan ligamen ( jaringan ikat ) di seputar tulang belakang, saraf, serta sumsum pada tulang belakang. Keadaan ini sangat banyak berlangsung pada orang dari umur 30 hingga 45 tahun.

Penyebab Dari Sakit Tulang Belakang Bagian Bawah

Ada faktor-faktor bisa tingkatkan resiko sakit tulang belakang bawah. Contohnya keunggulan berat tubuh, hamil, merokok, depresi atau stres, dan mengkonsumsi obat – obatan yang bisa merubah keadaan tulang, contohnya kortikosteroid.

Gejala atau pertanda sakit tulang belakang bawah bisa dirasa berbentuk perasaan ngilu, kebas, atau mati perasaan yang menyebar pada satu kaki, ngilu sendi atau berasa kaku saat berjalan saat pagi hari, dan sebagainya. Perasaan sakitnya membuat tidak nyaman, bahkan juga bisa mengganggu kegiatan.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa mengakibatkan sakit tulang belakang bagian bawah, diantaranya:

  • Adanya tegangan pada otot
    Ketegangan otot atau sering disebut dengan keseleo, biasanya terjadi pada kita saat mengangkat benda berat yang salah atau gerakan secara tiba – tiba. Lain dari itu, ketegangan juga bisa di hasilkan dari aktivitas yang berlebihan saat bekerja.
  • Timbulnya gangguan pada struktur tulang bagian belakang
    Seperti permasalahan pada bagian cakram tulang belakang, osteoporosis ( pengeroposan tulang ), artritis ( radang tulang serta persendian ) atau seperti skoliosis, lengkung tulang belakang yang abnormal.
  • Menderita sebuah penyakit tertentu
    Pemicu yang lain juga bisa hadir sebab keadaan penyakit yang spesifik, seperti salah satunya penyempitan kanal tulang belakang ( stenosis spinal ), degeneratif spondylolisthesis, hilangnya manfaat saraf di sumsum tulang belakang sisi bawah atau dimaksud cauda equina syndrome, infeksi jamur atau bakteri pada tulang belakang, dan kanker pada tulang belakang.untuk pastikan pemicu sakit tulang belakang bawah, dokter bisa lakukan beberapa tes simpatisan seperti rontgen, ct scan, mri, pemindaian tulang, atau electromyography ( emg ). Bila diduga berlangsung infeksi, dokter dapat mereferensikan kontrol darah.

Langkah Mengatasi Sakit Pada Tulang Belakang

Tulang Belakang Bagian Bawah Sakit? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

  1. Obat pereda ngilu. Contohnya paracetamol bisa menolong memudahkan perasaan sakit untuk periode pendek. Tetap tanyakan dosis serta waktu mengkonsumsi obat ini dengan dokter. Diluar itu, pereda ngilu dapat juga berbentuk cream atau salep yang dioles langsung di tempat yang merasa ngilu.
  2. Mengkonsumsi obat seperti antidepresan atau beberapa macam narkotik untuk menyembuhkan sakit tulang dibagian belakang yang telah akut. Akan tetapi, penggunaan obat tersebut harus dibawah pengawasan dokter ahli.
  3. Suntikan antiradang, contohnya obat jenis kortikosteroid, bisa dikasihkan bila sakit tulang belakang berasa menyebar sampai ke kaki serta tidak mempan dengan obat pereda ngilu yang lainnya. Diantaranya ialah suntikan kortison, yang akan menolong turunkan peradangan di seputar akar saraf hingga menolong memudahkan perasaan sakit untuk sesaat.
  4. Menjalankan prosedur operasi tulang belakang adalah pilihan terakhir bila penyembuhan lainnya gagal, atau bila rasa sakit yang begitu kronis hingga penderitanya tidak bisa tidur atau melakukan aktivitas sehari – harinya. Mekanisme operasi yang umum dikerjakan yakni discectomy ( sisi dari diskus yang ada diantara tulang belakang diangkat supaya diskus tidak mendesak saraf tulang belakang ) serta spinal fusion (dua atau lebih tulang belakang dipadukan untuk memantapkan tulang belakang serta kurangi ngilu). Meskipun begitu, aksi operasi ini mempunyai resiko komplikasi serius, seperti rusaknya saraf di seputar ruang operasi atau bahkan juga kelumpuhan.

Untuk dapat meringankan rasa sakit pada tulang belakang bagian belakang. Terdapat alternatif yang dapat anda lakukan seperti melakukan akupuntur maupun melakukan yoga. Namun yang terbaik untuk anda adalah berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan sebuah metode pengobatan yang tepat untuk kondisi anda.

Untuk anda yang mengalami sakit pada tulang belakang, tetaplah untuk berusaha aktiv untuk membantu mempercepat pemulihan. Lakukan tanpa tergesa – gesa serta tidak terlalu memaksakan diri. Hal terpenting yang harus anda lakukan adalah menemui dokter spesialis saraf ataupun dokter ortopendi untuk mendapatkan sebuah penanganan sakit tulang belakang yang tepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*